Tata Cara, Niat, Waktu, dan Bacaan Sholat Lailatul Qadar, Amalan Sunnah untuk Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

- 25 April 2022, 11:32 WIB
Ilustrasi - Penjelasan tata cara, niat, waktu, dan bacaan sholat Lailatul Qadar,salah satu amalan sunnah untuk mendapatkan Lailatul Qadar Ramadhan 1443 Hijriah.
Ilustrasi - Penjelasan tata cara, niat, waktu, dan bacaan sholat Lailatul Qadar,salah satu amalan sunnah untuk mendapatkan Lailatul Qadar Ramadhan 1443 Hijriah. /UNSPLASH/@arunanoop

BERITA DIY - Simak penjelasan mengenai tata cara, niat, waktu pelaksanaan, dan bacaan sholat Lailatul Qadar, salah satu amalan sunnah bagi umat Islam untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar di Ramadhan 1443 Hijriah.

Ketika bulan Ramadhan sudah memasuki 10 hari terakhir menjelang Lebaran, di mana pada saat tersebut terdapat waktu yang paling dinanti oleh umat Islam untuk bisa mendapatkan kemuliaan di malam Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar atau malam seribu bulan merupakan malam di mana apabila ada seorang umat Islam yang diperlihatkan ciri-ciri malam tersebut, kemudian dia pun beribadah maka orang tersebut akan mendapatkan pahala yang sama dengan ibadah 83 tahun di dunia.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Sholat Lailatul Qadar 2 dan 4 Rakaat: Prediksi Datangnya Malam Lebih Baik Dari 1000 Bulan

Berikut hadis yang menunjukkan waktu datangnya malam Lailatul Qadar, simak berikut ini:

"Rasulullah SAW pernah berkata “Carilah ia di sepuluh hari yang terakhir. Maka sesungguhnya Lailatul Qadar ada pada malam-malam yang ganjil; malam ke 21 atau malam ke 23 atau malam ke 25 atau malam ke 27 atau malam ke 29 atau malam terakhir di Bulan Ramadhan.” (HR. Ahmad dari Ubadah bin Shomit)

Dilansir dari jabar.nu.or.id, Pondok Pesantren Suryalaya mengeluarkan edaran terkait tata cara pelaksanaan shalat sunah Laila Al-Qadar (Lailatul Qadar) bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

Untuk sholat sunnah Lailatul Qadar dilaksanakan seperti melakukan ibadah sholat pada umumnya, akan tetapi yang membedakan hanyalah niat sholatnya dan bacaan setelah membaca Al-Fatihah.

Baca Juga: Niat dan Cara Sholat Lailatul Qadar, Berapa Rakaat, Jadwal hingga Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan 2022

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x