Niat dan Tata Cara Sholat Lailatul Qadar 2 dan 4 Rakaat: Prediksi Datangnya Malam Lebih Baik Dari 1000 Bulan

- 23 April 2022, 12:00 WIB
Niat dan tata cara sholat Lailatul Qadar 2 dan 4 rakaat,serta prediksi kapan datangnya malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari 1000 bulan.
Niat dan tata cara sholat Lailatul Qadar 2 dan 4 rakaat,serta prediksi kapan datangnya malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari 1000 bulan. /Pixabay/surgull01

BERITA DIY – berikut niat dan tata cara sholat Lailatul Qadar 2 dan 4 rakaat lengkap dengan prediksi datangnya malam lebih baik dari 1.000 bulan.

Di bulan Ramadhan, terdapat satu malam yang ditunggu-tunggu umat Islam seluruh dunia. Malam tersebut lebih baik dari 1.000 bulan. Malam tersebut adalah malam Lailatul Qadar.

Dalam Al-Quran, keagungan malam Lailatul Qadar dijelaskan dalam surat al-Qadr. Dalam surat tersebut, menjelaskan bagaimana malam penuh dengan rahmat Allah.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Tahajud Malam Lailatul Qadar, Rakaat, dan Tata Cara Pelaksanaan: Bahasa Arab dan Latin

Keistimewaan malam Lailatul Qadar, bahkan Nabi Muhammad memberi sabda bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam istimewa, "Dosa-dosa manusia yang sudah dilakukan terdahulu pun bisa diampuni ketika ia menjalankan shalat malam pada malam Lailatul Qadar."  (HR. Bukhari)

Lalu, keutamaannya juga diterangkan, Rasulullah kemudian menjawab: "Barang siapa shalat pada saat malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lampau," (HR. Bukhari).

Meskipun malam Lailatul Qadar adalah malam istimewa, maka orang yang mendapatkan malam tersebut hanya untuk orang istimewa. Sebab malam Lailatul Qadar tidak bisa ditentukan kapan dan jam berapa. Meskipun demikian, banyak ulama yang meyakini bahwa ada beberapa tanda-tana hadirnya malam Lailatul Qadar.

Baca Juga: Shalat Lailatul Qadar Berapa Rakaat dan Jam Berapa? Bacaan Niat, Doa, serta Tata Cara Sholat Lailatul Qadar

Menurut Imam al-Ghazali dan juga ulama lainnya, sebagaimana disebut dalam I’anatut Thalibin juz 2, hal. 257, bahwa cara untuk mengetahui Lailatul Qadar bisa dilihat dari hari pertama dari bulan Ramadhan:

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x