Kapan Terjadinya Malam Lailatul Qadar di Ramadhan 2022? Simak Tanda Malam yang Lebih Baik dari Seribu Bulan

- 22 April 2022, 16:45 WIB
Ilustrasi malam Lailatul Qadar 2022 di bulan Ramadhan lengkap kapan dan tanda-tanda terjadinya.
Ilustrasi malam Lailatul Qadar 2022 di bulan Ramadhan lengkap kapan dan tanda-tanda terjadinya. /PIXABAY/@Shafin_Protic/161 images

BERITA DIY - Kapan terjadinya malam Lailatul Qadar 2022? Bagaimana cara mengenali malam seribu bulan yang memiliki kemuliaan di Bulan Ramadhan 2022. Simak kapan dan tanda-tanda malam Lialatul Qadar 2022 dalam artikel ini.

Pada malam yang dinamakan Lailatul Qadar, Allah SWT menurunkan Kitab Suci Al Quran sebagai wahyu untuk Nabi Muhammad SAW yang disampaikan oleh malaikatnya dari Lauful Mahfudz ke Baitul Izzah (langit) dunia.

Malam Lailatul Qadar juga disebut dengan malam seribu bulan dan menjadi nama salah satu surah Makkiyah, Surah Al Qadr.

Baca Juga: Apa Hukum Membatalkan Puasa Ramadhan bagi Orang yang Terpapar COVID-19? Lengkap Syarat Wajib Berpuasa

Kemuliaan yang dimiliki oleh malam Lailatul Qadar ialah lebih baik dari seribu bulan sebagaimana dalam Surah Al Qadr, sebagai berikut:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar," QS. Al Qadr.

Diriwayatkan oleh HR Muslim, malam Lailatul Qadar akan terjadi pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan dan diriwayatkan oleh HR Imam Bukhari terjadi pada malam ganjil.

"Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan," diriwayatkan oleh HR. Imam Bukhari.

Baca Juga: Hukum Bersiwak untuk Menjaga Kesehatan Gigi, Gusi, dan Mulut Saat Ibadah Puasa, Bisa Batal atau Tidak?

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x