Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar 2022 Jatuh Tanggal Ini, Malam Turunnya Quran dan Lebih Baik dari 1.000 Bulan

- 22 April 2022, 17:00 WIB
Tanda-tanda malam Lailatul Qadar 2022 jatuh tanggal ini, keistimewaan dan kapan malam turunnya Al-Quran dan lebih baik dari 1.000 bulan.
Tanda-tanda malam Lailatul Qadar 2022 jatuh tanggal ini, keistimewaan dan kapan malam turunnya Al-Quran dan lebih baik dari 1.000 bulan. /PIXABAY/@Shafin_Protic/161 images

BERITA DIY – Berikut tanda-tanda malam Lailatul Qadar 2022 yang diperkirakan jatuh pada tanggal ini, malam turunya al-Qur’an dan lebih baik dari 1.000 bulan.

Malam Lailatul Qadar adalah malam istimewa bagi umat muslim, sebab di malam tersebut turunnya al-Quran kepada Nabi Muhammad pertama kali.

Keistimewaan malam Lailatul Qadar bahkan disebut sebagai malam lebih baik dari pada 1.000 bulan. Jika merujuk kata Lailah memiliki arti malam, sedangkan qadar dapat dimaknai sebagai penetapan, kemuliaan, atau sempit.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Jumat Ramadhan 2022 Tema Keutamaan Lailatul Qadar Singkat dan Jelas

Sehingga kata Lailatul Qadar memiliki makna sebagai malam penetapan Allah bagai seluruh perjalanan hidup manusia selama setahun. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam al-Qur’an pada surat Ad-Dukhan ayat 3 dan 4, bahwa "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan. Pada (malam itu) dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah."

Dengan demikian, malam Lailatul Qadar dapat dimaknai sebagai malam penuh kemuliaan, lantaran pada malam tersebut turunnya al-Qur’an sebagai risalah penuntun hidup manusia, terutama umat muslim.

Rasulullah Saw. pun memberi petuha bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam istimewa, hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Saw.: "Dosa-dosa manusia yang sudah dilakukan terdahulu pun bisa diampuni ketika ia menjalankan shalat malam pada malam Lailatul Qadar."

Baca Juga: Doa Malam Lailatul Qadar, Lengkap dengan Amalan yang Dapat Dilakukan Menyambut Malam Seribu Bulan

Lalu, keutamaannya juga diterangkan, Rasulullah kemudian menjawab: "Barang siapa shalat pada saat malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lampau," (HR. Bukhari).

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x