Apa Itu Perubahan Iklim yang Muncul di Google Doodle Hari Ini, Berikut Penyebab dan Dampaknya

- 22 April 2022, 13:45 WIB
Ilustrasi - pengertian apa itu perubahan iklim yang muncul di Google Doodle hari ini serta penyebab dan dampaknya untuk kehidupan manusia.
Ilustrasi - pengertian apa itu perubahan iklim yang muncul di Google Doodle hari ini serta penyebab dan dampaknya untuk kehidupan manusia. /Pexels/Porapak Apichodilok

BERITA DIY - Berikut pengertian apa itu perubahan iklam yang muncul di Google Doodle pada hari ini beserta penyebab dan dampaknya.

Tampilan Google Doodle hari ini menampilkan kondisi bumi yang mengerikan akibat adanya perubahan iklim di empat lokasi berbeda dari tahun ke tahun.

Salah satu lokasi yang ada di Google Doodle hari ini diketahui berada di Greenland yang mengalami penyusutan lapisan es dari tahun 2000 hingga 2020 akibat perubahan iklim.

Baca Juga: Climate Change Adalah Apa? Ini Penyebab, Efek, dan Google Doodle tentang Perubahan Iklim 22 April 2022

Lantas apa sebenarnya perubahan iklim itu dan apa penyebab serta apa dampaknya bagi umat manusia?

Dikutip dari situs Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) perubahan iklim adalah perubahan signifikan kepada iklim, suhu udara dan curah hujan mulai dari dasawarsa sampai jutaan tahun.

Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Kerangka Kerja Perubahan Iklim (United Nations Framework Convention on Climate Change/UNFCCC) mendefinisikan perubahan iklim disebabkan baik secara langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia sehingga mengubah kompoisi dari atmosfer global dan variabilitas iklim alami pada perioda waktu yang dapat diperbandingkan.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini Spesial Hari Bumi 2022: Apa Itu Perubahan Iklim, Dampak, Penyebab, Cara Mencegah

Adapun penyebab perubahan iklim dikarenakan meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida dan gas-gas lainnya di atmosfer yang menyebabkan efek gas rumah kaca.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x