8 Urutan Skincare yang Benar agar Kulit Wajah Tampak Makin Cerah, Sehat, dan Mempesona

- 21 April 2022, 07:12 WIB
8 urutan dan langkah-langkah yang dapat diikuti dalam mengaplikasikan produk skincare agar kulit wajah tampak makin cerah, sehat, dan memesona.
8 urutan dan langkah-langkah yang dapat diikuti dalam mengaplikasikan produk skincare agar kulit wajah tampak makin cerah, sehat, dan memesona. /:PIXABAY/@rizaaprilliana46
BERITA DIY – Simak 8 urutan skincare yang benar agar kulit wajah tampak makin cerah, sehat, dan mempesona. Berikut ini langkah-langkah yang dapat diikuti dalam mengaplikasikan produk skincare.
 
Skincare merupakan rangkaian produk perawatan kulit yang membantu merawat serta menutrisi kulit sehingga lebih cerah dan sehat. 
 
Kulit wajah yang sehat dan bersih merupakan dambaan setiap orang. Untuk mewujudkannya, Anda perlu menjaga kesehatan kulit wajah dan salah satunya adalah dengan rutin menggunakan skincare atau produk perawatan kulit.
 
 
Selain memilih produk yang tepat, urutan memakai skincare setiap harinya juga perlu dilakukan dengan benar. Hal itu berguna untuk memaksimalkan hasil pasca penggunaan.
 
Berikut urutan skincare yang benar bagi Anda yang masih bingung agar kulit wajah tampak makin cerah, sehat, dan memesona.
 
1. Micellar Water
Micellar water adalah pembersih wajah cair yang berbahan dasar air. Pembersih ini bisa Anda gunakan untuk menghapus makeup, menyegarkan wajah, hingga mencuci muka.
 
 
Walaupun anda sedang tidak menggunakan make up, kulit tetap perlu untuk dibersihkan dengan micellar water terlebih dahulu.
 
Selain untuk wajah, micellar water juga disebut-sebut bisa digunakan untuk membersihkan tangan atau noda di atas permukaan kain.
 
2. Face Wash 
Face wash adalah salah satu produk skincare berupa sabun pembersih wajah yang berbahan dasar air yang biasanya berbentuk gel, busa atau batangan.
 
Fungsi face wash sendiri ialah untuk membersihkan wajah dari debu, polusi, dan sisa kotoran yang menempel pada kulit lainnya.
 
 
3. Face Toner
Setelah membersihkan wajah dengan facial wash, urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah mengaplikasikan toner.
 
Toner wajah dikenal karena fungsinya yang membantu merelaksasikan wajah, membuatnya nampak segar dan lembab.
 
4. Sheet Mask
Sheet mask adalah masker wajah yang berbentuk lembaran dan biasanya terbuat dari serat alami seperti kertas, katun, selulosa, ataupun pulp kelapa.
 
Menggunakan masker wajah dapat membantu meremajakan kulitmu sekaligus membuatnya lebih kenyal, halus dan cerah ternutrisi.
 
 
5. Face Serum
Serum sendiri merupakan konsentrat bahan tertentu dengan ukuran partikel lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh kulit. Biasanya, serum mengandung bahan-bahan yang bisa membantu mencerahkan dan melembabkan kulit.
 
Secara umum, penggunaan serum ini dianggap penting karena memiliki beragam manfaat yang dapat menunjang kecantikan, meliputi menjaga kulit tetap terhidrasi, meratakan warna kulit hingga membantu kulit supaya bisa menyerap kandungan dari skincare lainnya.
 
6. Pelembab 
Manfaatnya pelembab antara lain, melembabkan kulit wajah, mengurangi jerawat, anti-inflamasi, menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan yang nggak kalah hebat adalah mengendalikan produksi minyak di wajah.
 
 
7. Sunsreen 
Sunscreen atau tabir surya memiliki fungsi utama untuk melindungi kulit dari bagian sinar matahari yang merusak ataupun memicu masalah kesehatan kulit, misalnya sinar UVA, UVB dan UVC. 
 
Dengan mengaplikasikan krim tabir surya secara rutin sebelum memulai kegiatan di luar ruangan, wajah jadi lebih terlindungi sehingga nampak segar dengan warna yang merata, bebas flek hitam, bebas komedo, bebas kulit gelap dan pastinya lebih kuat menahan efek buruk lingkungan.
 
8. Sleeping Mask
Anda bisa menggunakan sleeping mask sebagai tahap paling akhir dari rangkaian perawatan. Misalnya sehabis mencuci wajah, lalu toner, krim jerawat atau pelembap, lalu sleeping mask.
 
 
Kandungan dalam sleeping mask juga bisa “mengunci” seluruh nutrisi dari skincare sebelumnya, dan membantu penyerapannya jadi lebih baik ke dalam kulit.
 
Demikianlah 8 urutan skincare yang benar agar kulit wajah tampak makin cerah, sehat, dan mempesona.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x