Berita Haji 2022: Syarat Haji hingga Kuota Jamaah Haji Indonesia 2022 dari Arab Saudi

- 11 April 2022, 17:25 WIB
Ilustrasi haji, berita haji 2022 yang kembali dibuka oleh  Arab Saudi  , syarat haji beserta jumlah kuota jamaah haji   Indonesia   2022.
Ilustrasi haji, berita haji 2022 yang kembali dibuka oleh Arab Saudi , syarat haji beserta jumlah kuota jamaah haji Indonesia 2022. /PIXABAY/@fuad787041/4 images

BERITA DIY - Simak  berita haji 2022 yang kembali dibuka oleh  Arab Saudi, syarat haji beserta jumlah kuota jamaah haji Indonesia 2022.

Saat ini banyak yang bertanya mengenai informasi haji 2022, baik dari syarat haji hingga kuota haji yang disediakan.

Diketahui Arab Saudi akan kembali membuka penyelenggaraan ibadah haji bagi orang luar kerajaan.

Baca Juga: Yang Tanya Berapa Jumlah Kuota Haji Indonesia Keberangkatan 2022, Cek Bocoran Kemenag Beserta Estimasi Biaya

Adapun kuota untuk penyelenggaraan haji tahun 2022 ini akan disediakan sebanyak satu juta orang, untuk jemaah lokal maupun dari luar negeri.

Hal tersebut disampaikan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi melalui laman resmi Twitter @MoHU_En pada Sabtu, 9 April 2022.

Ini merupakan kali ketiga Arab Saudi menggelar ibadah haji di tengah pandemi Covid-19, sebelumnya, pada 2019, kuota haji dibuka sebanyak 2,5 juta jamaah.

Meskipun haji 2022 untuk jamaah dari Arab Saudi sudah dibuka, namun Arab Saudi masih menerapkan pembatasan pelaksanaan ibadah haji bagi jamaah haji dari luar negeri.

Baca Juga: Kuota Haji 2022 RESMI dari Pemerintah Arab Saudi: Berapa untuk Jamaah Indonesia dan Syarat Ibadah Haji

Pembatasan pelaksanaan haji 2022 tersebut berupa adanya syarat haji yang diberlakukan, salah satunya mengenai umur jamaah haji yang bisa berangkat melaksanakan ibadah haji.

Berikut syarat haji 2022 oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi:

- Haji hanya dibuka untuk usia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksin Covid-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi.

Baca Juga: Perjalanan Karier Haji Lulung yang Meninggal Dunia Hari Ini: Mulai dari Tanah Abang hingga ke Senayan

- Jamaah juga diharuskan menunjukkan bukti surat negatif Covid-19 dalam 72 jam sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Sementara untuk Indonesia mendapatkan kuota haji kisaran 60 ribu jamaah, jauh dari kuota normal yang berkisar 200 ribu hingga 221 ribu jamaah.

“Indonesia mendapatkan kuota di kisaran angka 57.000-60.000 jamaah saja. Jauh di bawah kuota normal yang berkisar 200.000-221.000 jamaah. Maka hemat kami perlu ada kejelasan klasifikasi calon jamaah yang bisa berangkat tahun ini,” ujar Wakil Ketua Dewan Syuro DPP PKB KH Maman Imanulhaq, Sabtu, 9 April 2022.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Metaverse, Ada Kakbah di Dalamnya, Dapatkah Melakukan Ibadah Haji Secara Virtual?

Menurut Kiai Maman kejelasan mengenai berapa kuota haji yang disediakan tahun 2022 perlu di disampaikan, agar tidak menimbulkan kegaduhan di kemudian hari.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan kabar gembira terkait pembukaan haji untuk Indonesia oleh pemerintah Arab Saudi.

"Berita gembira hari ini tentang dibukanya ibadah haji 1443 H/2022 M oleh pemerintah Kerajaan Saudi Arabia adalah buah dari doa seluruh masyarakat Muslim Indonesia dan dunia," ujar Yaqut dalam akun instagram @gusyaqut dikutip Minggu, 10 April 2022

Baca Juga: Innalillahi wa Inna Ilaihi Rajiun, Kabar Duka Haji Lulung Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Namun Yaqut meminta masyarakat Indonesia terutama mereka yang akan melakukan ibadah haji agar bersabar menunggu keputusan resmi dari pemerintah.

"Mohon semuanya bersabar, tidak usah main ramal-meramal kuota atau biaya yang diperlukan. Insya Allah pemerintah akan bekerja semaksimal mungkin agar pelayanan terhadap jemaah haji bisa berjalan baik," tuturnya.

Yaqut menambahkan pemerintah akan terus  memutar otak agar kebijakan haji bisa meringankan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Cara Membuat BPJS Kesehatan Online di Aplikasi JKN: Syarat Wajib Permohonan, SIM, SKCK, Naik Haji dan Umroh

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x