Hukum Potong Rambut Saat Puasa Ramadhan, Benarkah Membuat Ibadah Puasa Batal dan Tidak Sah?

- 4 April 2022, 11:12 WIB
Ilustrasi - hukum potong rambut saat puasa di bulan Ramadhan, benarkan bisa membuat ibadah puasa batal dan tidak sah.
Ilustrasi - hukum potong rambut saat puasa di bulan Ramadhan, benarkan bisa membuat ibadah puasa batal dan tidak sah. /Pixabay/OrnaW

BERITA DIY - Berikut informasi hukum potong rambut saat puasa Ramadhan, benarkan bisa membuat ibadah puasa batal dan tidak sah?

Umat Muslim saat ini telah memasuki bulan Ramadhan 1443 Hijriah dan telah melaksanakan ibadah puasa di hari yang kedua apabila puasa pertama dimulai tanggal 3 April 2022.

Ketika sedang berpuasa banyak umat Muslim yang ingin mengetahui bagaiaman hukum potong rambut. Karena banyak yang kahawatir puasa akan menjadi batal hingga tidak sah.

Baca Juga: Bolehkah Gosok Gigi di Pagi Hari Saat Puasa? Ini Penjelasan dan Hukum Sikat Gigi saat Puasa Menurut Ulama

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abi Salamah bin Abdurrahman dijelaskan:

“Bahwa para istri Nabi mencukur rambut mereka sampai seperti wafrah (rambut yang melebihi pundak atau pelipis telinga).” (HR. Muslim: 320)

Dari hadist tersebut diketahui bahwa memotong rambut saat puasa Ramadhan tidak akan membatalkan puasa dan membuat ibadah puasa tidak sah.

Baca Juga: Apakah Menelan Ludah Membatalkan Puasa? Begini Hukum dan Penjelasan Menurut Ulama

Meskipun begitu, dalam hadist lain disebutkan bahwa umat Muslim tidak diperbolehkan membiarkan bulu atau rambut tertentu selama 40 hari lamanya.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah