Bolehkah Gosok Gigi di Pagi Hari Saat Puasa? Ini Penjelasan dan Hukum Sikat Gigi saat Puasa Menurut Ulama

- 3 April 2022, 14:45 WIB
ilustrasi - Bolehkan gosok gigi di pagi hari saat puasa? Simak artikel ini untuk penjelasan dan hukum sikat gigi saat ibadah puasa menurut para ulama.
ilustrasi - Bolehkan gosok gigi di pagi hari saat puasa? Simak artikel ini untuk penjelasan dan hukum sikat gigi saat ibadah puasa menurut para ulama. /pexels/ cottonbro

BERITA DIY – Bolehkah gosok gigi di pagi hari saat puasa? Simak artikel ini untuk penjelasan dan hukum sikat gigi saat menjalankan ibadah puasa menurut para ulama.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, harus menjadi perhatian dalam memahami apa itu puasa, terutama puasa pada Bulan Ramadhan.

Puasa Ramadhan adalah ibadah puasa yang dilakukan sepanjang bulan suci Ramadhan. Untuk tahun ini, 2022, awal ibadah puasa Ramadhan mengawali perbedaan antara Muhammadiyah dan NU atau pemerintah. Lama puasa Ramadhan sekitar 29 sampai 30 hari sesuai fatwa yang dikeluarkan dari pemerintah, Muhammadiyah, atau NU.

Baca Juga: 5 Syarat Wajib Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan, Simak Dalil Bahasa Arab dan Terjemahnya

Untuk syarat wajib puasa Ramadhan yang dikutip BERITA DIY dari tebuireng.online menjelaskan bahwa ada 5 syarat wajib puasa Ramadhan, yakni merupakan seorang muslim atau muslimah, sudah baligh, memiliki akal sempurna tidak gila, kuat menjalankan puasa, dan mengetahui awal bulan Ramadhan.

Dalam puasa Ramadhan, muslim yang menjalankan ibadah ini harus menahan diri dari rasa lapar, dahaga, serta aneka perbuatan yang membatalkan puasa. Penahanan diri itu semua dilakukan dari terbit fajar (imsa’) hingga tenggelamnya matahari (magrib).

Lantas bagaimana sikat gigi di pagi hari saat puasa? Ini penjelasan dan hukum yang dijelaskan di buku Al-Bayan Lima Yasyghal Al-Adzhan dikutip dari tebuireng.online menyebutkan bahwa terdapat perbedaan pendapat terkait dengan sikat gigi saat puasa.

Baca Juga: Jadwal Sholat dan Buka Puasa Hari Ini 3 April 2022, untuk Wilayah: Jogja, Jakarta, Bandung, dan Semarang

Dulu, zaman Nabi Muhammad dan Sahabat tidak ada sikat gigi, tetapi terdapat siwak untuk membersihkan gigi. Siwak sendiri terbuat dari batang kayu arak.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x