Peringatan Hari Meteorologi Dunia 23 Maret 2022: Simak Tugas dan Fungsi Lembaga BMKG yang Ada di Indonesia

- 23 Maret 2022, 20:47 WIB
Ilustrasi meteor, peringatan Hari Meteorologi Dunia hari ini Rabu, 23 Maret 2022 lengkap tugas dna fungsi lembaga BMKG di Indonesia.
Ilustrasi meteor, peringatan Hari Meteorologi Dunia hari ini Rabu, 23 Maret 2022 lengkap tugas dna fungsi lembaga BMKG di Indonesia. /Pixabay/RafaelMousob

BERITA DIY - Hari Meteorologi Dunia diperingati pada hari ini Rabu, 23 Maret 2022 di seluruh belahan bumi. Pada Hari Meteorologi, ketahui tugas dan fungsi lembaga BMKG di Indonesia yang membidangi urusan Meteorologi.

Peringatan Hari Meteorologi Dunia diawali dengan berdirinya sebuah lembaga di bawah PBB bernama World Meteorological Organization (WMO) yang menurusi mengenai bidang ilmu meteorologi.

Hari Meteorologi bukanlah hai libur nasional, namun peringatannya selalu dilakukan setiap tahun secara rutin sebagai momentum berdirinya badan WMO PBB.

Baca Juga: Apa Itu MUI? Ini Sejarah Awal Majelis Ulama Indonesia, Tugas, dan Dasar Hukumnya

Badan WMO PBB didirikan pada tanggal 23 Maret 1950 lampau. Saat ini, perayaan Hari Meteorologi Dunia diperingati di 188 negara anggota dan komunitas meteorologi di seluruh dunia khususnya negara anggota PBB itu sendiri.

Di Indonesia, dikenal adanya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG yang mengurusi urusan meteorologi. Meski demikian belum banyak yang tahu tentang tugas dan fungsi dari badan ini.

Adapun tugas dan fungsi BPKG akan diulas dalam artikel ini berkaitan dengan peringatan Hari Meteorologi hari ini tanggal 23 Maret 2022.

Baca Juga: Apa Itu Demisioner Organisasi? Berikut Tugas dan Wewenang Demisioner

Tugas

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah