Tanggal 23 Maret 2022 Hari Apa? Sejarah Hari Meteorologi Dunia, Ini Tugas dan Fungsi BMKG

- 22 Maret 2022, 16:30 WIB
Ilustrasi Hari Meteorologi Dunia yang diperingati tanggal 23 Maret 2022.
Ilustrasi Hari Meteorologi Dunia yang diperingati tanggal 23 Maret 2022. /PEXELS/samianas

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Meteorologi Dunia yang diperingati tanggal 23 Maret 2022 beserta tugas dan fungsi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Setiap hari tentunya memiliki peringatan, tak terkecuali Rabu, tanggal 23 Maret 2022 yang diperingati sebagai Hari Meteorologi Dunia.

Meskipun bukan hari libur nasional atau tanggal merah, namun sejarah Hari Meteorologi Dunia yang jatuh pada tanggal 23 Maret 2022 perlu diketahui apalagi pemerintah mendirikan BMKG sebagai lembaga yang memiliki tugas dan fungsi di bidang tersebut.

Baca Juga: Tanggal 22 Maret 2022 Hari Apa? Sejarah Hari Air Sedunia dan Tema Peringatan Tahun Ini

Dikutip dari itera.ac.id, sejarah Hari Meteorologi Dunia atau "World's Meteorological Day" diawali lahirnya World Meteorological Organization (WMO), sebuah lembaga yang berada di bawah naungan PBB.

Pembentukan WMO terjadi pada tanggal 23 Maret 1950 silam. Saat ini, perayaan Hari Meteorologi Dunia diperingati di 188 negara anggota dan komunitas meteorologi di seluruh dunia.

Setiap tahun perayaan akbar ini memiliki tema yang berbeda. Pada tahun 2022 ini, WMO mengusung tema Hari Meteorologi Dunia 'Early Warning and Early Action' atau dalam bahasa Indonesia 'Peringatan Dini dan Tindakan Lebih Dini'.

Baca Juga: Tanggal 21 Maret 2022 Hari Apa? Sejarah Hari Puisi Sedunia dan Profil 5 Tokoh Penyair Indonesia

Pemilihan tema tersebut dikarenakan cuaca, iklim, dan air yang ekstrem dewasa ini lebih sering terjadi akibat dampak dari perubahan iklim.

Perubahan iklim dapat menimbulkan bencana yang memakan korban jiwa dan kerugian harta benda. Selain faktor alam, faktor manusia seperti pertumbuhan penduduk, urbanisasi, dan degradasi lingkungan akibat ulah manusia juga bisa menjadi penyebab malapetaka.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x