Sejarah Peringatan Hari Arsitektur Indonesia Hari Ini, 18 Maret 2022 dan Gagasan Pendirian Perkumpulan IAI

- 18 Maret 2022, 19:05 WIB
Ilustrasi pekerja bangunan, peringatan Hari Arsitektur Indonesia yang jatuh pada hari ini Jumat, 18 Maret 2022.
Ilustrasi pekerja bangunan, peringatan Hari Arsitektur Indonesia yang jatuh pada hari ini Jumat, 18 Maret 2022. /Pixabay/AhmadArdity

BERITA DIY - Peringatan Hari Arsitektur Indonesia atau nasional dilangsungkan pada tanggal 18 Maret 2022. Searah peringatan Hari Arsitektur Indonesia yang sudah diperingati sejak masa lampau akan tersaji dalam artikel ini

Pada peringatan tahun 2022 ini, Hari Arsitektur Indonesia bertepatan dengan hari Nisfu Syaban yang jatuh pada Jumat, 18 Maret 2022 ini yang dirayakan oleh umat Islam.

Sebagai peringatan setiap tahunnya, Hari Arsitektur Indonesia memiliki sejarah awal mula mulai diperingati sebagai hari peringatan nasional yang rutin setiap tahunnya.

Baca Juga: Sejarah Hari Perawat Nasional 17 Maret 2022 dan Kumpulan Quotes Ucapan Hari Perawat Nasional

Tentunya, Hari Arsitektur Indonesia diperingati sebagai bentuk ingatan atau penghargaan mengenai jasa arsitek yang berkontribusi dalam perencanaan pembangunan dunia khususnya di Indonesia.

Peran para arsitek tentu tidak dapar dilepaskan dari tugasnya merencanakan bangunan yang mampu membuat perencanaan dalam tata wilayah sebuah daerah maupun negara.

Sejarah arsitektur di Indonesia tidak bisa lepas dari perkumpulan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) yang didirikan di Bandung pada tanggal 17 September 1959 lampau.

Baca Juga: Apakah MUI Itu Ormas? Simak Sejarah Berdiri dan Profil Lengkap Majelis Ulama Indonesia

Pembentukan IAI diprakarsai oleh tiga orang arsitek senior yaitu F. Silaban, arsitek Mohammad Soesilo, dan arsitek Lim Bwan Tjie, serta 18 arsitek muda lulusan pertama Jurusan Arsitektur ITB tahun 1958 dan tahun 1959.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x