Hari Perempuan Internasional 8 Maret 2022: Sejarah, Tema, dan Link Twibbon

- 8 Maret 2022, 10:20 WIB
Ilustrasi Hari Perempuan Internasional 8 Maret 2022: sejarah, tema, dan link Twibbon.
Ilustrasi Hari Perempuan Internasional 8 Maret 2022: sejarah, tema, dan link Twibbon. /Pixabay @EyestetixStudio

BERITA DIY - Berikut ini Hari Perempuan Internasional 2022: sejarah, tema, dan link Twibbon. Hari Perempuan Internasional setiap tahun diperingati pada tanggal 8 Maret dan tema yang diangkat tiap tahun berbeda-beda.

Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day adalah hari peringatan unjuk rasa yang dilakukan oleh perempuan terutama buruh yang menuntut kenaikan upah, kebebasan dalam berpendapat, dan berpolitik.

Unjuk rasa ini dipelopori oleh perempuan dari Partai Sosialis Amerika di New York pada 8 Maret 1909. Saat itu kaum buruh perempuan menuntut hak berpendapat dan berpolitik.

Baca Juga: Link Twibbon Hari Perempuan Sedunia atau International Women's Day IWD 2022 Lengkap dengan Sejarah

Gerakan itu diprakarsai oleh Theresa Malkiel, aktivis perempuan kelahiran Ukraina. Malkiel bekerja sebagai buruh pabrik garmen di New York sejak berusia 17 tahun.

Unjuk rasa yang dilakukan oleh perempuan terjadi berkali-kali di New York mulai tahun 1857, 1907, dan 1909. Karena hal itulah setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional.

8 Maret diresmikan sebagai Hari Perempuan Internasional pada tahun 1977 dan terus diperingati sampai saat ini. Untuk tahun-tahun sebelum peresmian orang-orang sudah melakukan peringatan setiap tanggal 8 Maret.

Baca Juga: Link Twibbon dan Sejarah Peringatan Hari Perempuan Internasional 2022: Cocok untuk Story WA atau Instagram

Tema Hari Perempuan Internasional tahun 2022 adalah kesetaran gender hari ini untuk masa depan yang berkelanjutan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x