Link Twibbon dan Sejarah Peringatan Hari Perempuan Internasional 2022: Cocok untuk Story WA atau Instagram

- 8 Maret 2022, 09:20 WIB
Ilustrasi - link twibbon dan sejarah peringatan Hari Perempuan Internasional 2022, cocok untuk story WA atau Instagram.
Ilustrasi - link twibbon dan sejarah peringatan Hari Perempuan Internasional 2022, cocok untuk story WA atau Instagram. /FREEPIK/macrovector

BERITA DIY - Kumpulan link twibbon dan sejarah peringatan Hari Perempuan Internasional 2022 atau International Women's Day (IWD), cocok untuk story WA atau Instagram

Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret untuk merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya dan politik perempuan. Peringatan Hari Perempuan Internasional juga menyerukan aksi untuk memajukan kesetaraan gender.

Hari Perempuan Internasional lahir dari gerakan hak-hak perempuan di negara-negara industri pada awal 1900-an.

Baca Juga: Jadwal Masa PraPaskah 2022 Umat Katolik, Dimulai Peringatan Rabu Abu hingga Hari Raya Paskah

Partai Sosialis Amerika pertama kali mendeklarasikan Hari Perempuan Nasional pada tahun 1909. Hari itu diperingati pada hari Minggu terakhir bulan Februari atau 28 Februari 1909. Hingga tahun 1913, Hari Perempuan Internasional diperingati setiap 28 Februari.

Pada tahun 1910, dalam Konferensi Internasional Perempuan Buruh yang kedua, pertemuan perempuan dari aktivis dan organisasi politik di Kopenhagen, gagasan Hari Perempuan Internasional diusulkan dan disetujui.

Beberapa negara Eropa awalnya memperingati Hari Perempuan Internasional pada 19 Maret 1911. Pada perayaan tersebut, para perempuan melakukan aksi unjuk rasa dan acara yang menyerukan hak perempuan untuk memilih dan diakhirinya diskriminasi gender.

Baca Juga: 28 Februari 2022 Hari Libur Nasional Peringatan Isra Miraj? Berikut Daftar Lengkap Tanggal Merah Tahun Ini

Sedangkan perempuan di Rusia memperingati Hari Perempuan Internasional pada 23 Februari di kalender Gregorian. Namun akhirnya diperoleh kesepakatan bahwa peringatan Hari Perempuan Internasional ditetapkan pada 8 Maret mulai tahun 1914.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x