Link Twibbon Hari Perempuan Sedunia atau International Women's Day IWD 2022 Lengkap dengan Sejarah

- 8 Maret 2022, 09:25 WIB
ilustrasi - Link Twibbon untuk Hari Perempuan Sedunia atau International Women's Day IWD 2022 Lengkap dengan Sejarah yang diperingati pada 8 Maret.
ilustrasi - Link Twibbon untuk Hari Perempuan Sedunia atau International Women's Day IWD 2022 Lengkap dengan Sejarah yang diperingati pada 8 Maret. /Tangkap Layar instagram.com/@ internationalwomensday

BERITA DIY – Berikut link Twibbon untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia atau International Women's Day IWD 2022 yang diperingati setiap tanggal 8 Maret setiap tahun.

Di hari ini, tampil Google memperingati Hari Perempuan Sedunia dengan Tema Google Doodle Hari Perempuan Sedunia dengan tayangan slide animasi yang membawa ke seluruh dunia untuk sekilas melihat kehidupan sehari-hari para wanita di berbagai budaya.

Sejarah peringatan Hari Perempuan Sedunia berawal pada 8 Maret 1857 untuk memperingati perlawanan buruh wanita di pabrik tekstil di New York.

Para buruh wanita tersebut melawan ketidak semena-mena dan upah rendah yang diberikan kepada mereka. Aksi ini berdampak signifikan dalam unjuk rasa buruh perempuan selanjutnya.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Hari Perempuan Internasional 2022 yang Bisa Diupload ke Sosial Media

Setidaknya ada 15 ribu buruh wanita yang bekerja di pabrik tekstil daerah New York pada 8 Maret 1907 yang terinspirasi melakukan demo dengan tuntutan hampir sama.

Kemudian pada 8 Maret 1909 terjadi demo besar-besar yang digelar oleh Socialist Party of America (SPA), bahwa buruh wanita tidak hanya mendapatkan kehidupan yang layak tetapi mereka juga berhak ikut berpolitik.

Gerak tersebut memicu terjadinya gerak-gerakan serupa di berbagai belahan negara Eropa pada tahun 1909 dengan tujuan yang sama, yakni wanita mendapatkan hak hidup baik dalam politik dan kehidupan sehari-hari.

Pada bulan yang sama, setelah terjadi demo besar-besar terjadi kebakar di pabrik yang menewaskan sekitar 146 buruh wanita. Sontak, kejadian ini menjadi sorotan mengenai perilaku buruk dan termasuk kondisi yang dialami oleh para buruh wanita.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x