Mengenal Anuptaphobia, Gangguan Ketakutan Jomlo Seumur Hidup, Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

- 7 Maret 2022, 18:20 WIB
Ilustrasi fobia. Anuptaphobia adalah gangguan kecemasan mengenai ketakutan menjomlo tanpa hubungan seumur hidup. Seperti fobia pada umumnya, anuptaphobia dapat menimbulkan ketakutan hingga mengganggu fisik seseorang.
Ilustrasi fobia. Anuptaphobia adalah gangguan kecemasan mengenai ketakutan menjomlo tanpa hubungan seumur hidup. Seperti fobia pada umumnya, anuptaphobia dapat menimbulkan ketakutan hingga mengganggu fisik seseorang. / Pixabay.com/@geralt

BERITA DIY – Simak pengertian dan makna dari Anuptaphobia, salah satu bentuk ketakutan terus-menerus atau gangguan kecemasan mengenai ketakutan menyandang status jomlo hingga akhir hayat.

Sebelum menjelaskan mengenai anuptaphobia, lebih baik kita mengetahui dulu apa itu fobia atau phobia, yang merupakan salah satu bentuk gangguan kecemasan.

Fobia atau phobia adalah ketakutan terus menerus mengenai suatu objek, orang, hewan, aktivitas, atau bahkan situasi. Kondisi fobia ini bisa dikategorikan sebagai salah satu bentuk gangguan kecemasan.

Baca Juga: Apa Itu Phonophobia? Berikut Penyebab, Gejala dan Cara Menghilangkan Fobia

Perbedaan fobia dengan ketakutan atau kecemasan biasa adalah pada fobia bentuk ketakutan tidak bersifat sementara melainkan dalam jangka waktu yang lama, dan bisa menyebabkan reaksi fisik dan stres psikologis.

Pengertian Anuptaphobia

Anuptaphobia adalah ketakutan yang intens dan irasional untuk tetap dalam status lajang atau jomlo tanpa hubungan atau tidak terlibat dalam hubungan romantis dengan siapa pun. Fobia ini muncul dari kombinasi peristiwa eksternal (peristiwa traumatik) dan kecenderungan internal (faktor keturunan atau genetika).

Seseorang dengan anuptaphobia mungkin secara tidak rasional takut bahwa mereka akan menjomlo selama sisa hidupnya. Selain itu, penderita anuptaphobia kerap memiliki harga diri yang sangat rendah, hal itu karena mereka takut akan terus melajang jika hubungan mereka berakhir.

Baca Juga: 4 Cara Self Love untuk Menghargai, Menerima, dan Mencintai Diri Sendiri Demi Menjaga Kesehatan Mental

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x