Hipotermia Itu Apa? Cara Mengatasi, Gejala, dan Alasan Kenapa Para Pendaki Gunung Kerap Terjangkit

- 3 Maret 2022, 15:35 WIB
ilustrasi Penjelasan lengkap hipotermia itu apa? Cara mengatasi, gejala, dan alasan para pendaki gunung kerap terjangkit gangguan tersebut
ilustrasi Penjelasan lengkap hipotermia itu apa? Cara mengatasi, gejala, dan alasan para pendaki gunung kerap terjangkit gangguan tersebut /PEXELS/Victor Duarte

BERITA DIY - Simak penjelasan apa itu hipotermia gangguan media yang sering terjadi saat seseorang berada di ruang terbuka termasuk saat melakukan pendakian di gunung.

Setelah banyak informasi seseorang terserang hipotermia saat melakukan kegiatan outdoor, banyak orang mencari tahu apa itu hipotermia.

Biasanya orang yang mengalami hipotermia akan merasakan kedinginan yang berlebihan sehingga mengakibatkan korban tidak berdaya bahkan bisa berakibat fatal jika kondisi tersebut berlangsung lama. Lalu apa itu hipotermia?

Baca Juga: Gejala Hipotermia dan Cara Mengatasinya, Cegah Penurunan Suhu Tubuh dengan Cara Ini

hipotermia adalah sebuah gangguan medis yang bisa menyerang seseorang yang mengalami penurunan suhu tubuh secara drastis.

Diketahui bahwa suhu normal manusia itu berkisar 37 derajat celsius. Ketika mengalami hipotermia, suhu bisa berada di bawah 35 derajat celsius.

Akibat penurunan suhu, sistem saraf dan berbagai organ penting tidak dapat berfungsi dengan normal, bahkan jika parah bisa berujung kematian.

Hipotermia berkaitan juga dengan sistem imun. Jika sistem imun seseorang sedang menurun, ada kemungkinan bisa terserang berbagai gangguan kesehatan termasuk hipotermia.

Baca Juga: Ciri-ciri Terkena Hipotermia, Berikut Penyebab Tubuh Kehilangan Panas dan Cara Pencegahan yang Tepat

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: CDC


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x