Apa Itu Gaslighting? Berikut Penjelasan dan Tanda-tanda Pelaku Gaslighting dalam Hubungan

- 24 Februari 2022, 12:53 WIB
Apa itu gaslighting? Ini penjelasan lengkap beserta tanda-tanda yang sering ditemukan pada pelaku gaslighting dalam hubungan
Apa itu gaslighting? Ini penjelasan lengkap beserta tanda-tanda yang sering ditemukan pada pelaku gaslighting dalam hubungan /Pixabay/Victoria_Borodinova

BERITA DIY - Simak penjelasan apa itu gaslighting serta apa saja tanda-tanda orang yang melakukan gaslighting yang ditulis lengkap dalam artikel ini.

Belakangan istilah gaslighting banyak terdengar di tengah masyarakat lantaran deretan kasus yang berkaitan dengan istilah tersebut seringkali terjadi. Lalu, apa itu gaslighting?

Dikutip Berita DIY dari Very Well Mind pada Kamis, 24 Februari 2022, gaslighting merupakan tindakan manipulasi yang terjadi dalam hubungan seseorang dengan orang lain. Biasanya dalam bentuk sikap kasar.

Baca Juga: Apa Itu ODOL? Regulasi Baru Kemenhub yang Memberi Denda Kepada Pengendara Sebesar Rp24 Juta atau Kurungan

Hubungan yang dimaksud adalah sebuah interaksi yang dekat dan terikat seperti hubungan sepasang kekasih, pertemanan, orang tua dan anak, bahkan guru dan murid.

Gaslighting termasuk dalam pelecehan emosional, di mana pelaku akan melakukan sebuah kebohongan atau rekayasa cerita sehingga dapat mempengaruhi dan mengendalikan pemikiran korban.

Tujuan dari seseorang menjadi pelaku gaslighting adalah agar korban bisa dikendalikan dengan cara melemaskan pemikiran dan mentalnya. Korban dibuat seolah-olah selalu bersikap salah.

Baca Juga: Apa itu Cessie, Pengalihan Hak atas Benda Tak Bertubuh yang Ramai Dibicarakan di Kasus Djoko Tjandra

Selain itu dalam praktiknya, pelaku gaslighting seringkali menggunakan kekerasan. Hal ini dilakukan agar korban merasa terintimidasi.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah