7 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami: Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi dan Harus Dihindari

- 10 Januari 2022, 18:13 WIB
Ilustrasi - Pemeriksaan Gula Darah, Berikut Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami.
Ilustrasi - Pemeriksaan Gula Darah, Berikut Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami. /PIXABAY/ TesaPhotography

BERITA DIY – Ketahui tujuh cara alami untuk menurunkan kadar gula darah bagi para penderita diabetes. Konsumsi beberapa makanan berikut ini dapat membantu mengontrol gula darah secara alami.

Gula darah yang tinggi atau yang juga dikenal dengan istilah hiperglikemia berkaitan erat dengan sakit diabetes maupun pradiabetes, kondisi ketika gula darah tinggi namun tidak cukup tinggi diklasifikasikan sebagai diabetes.

Dikutip dari Healthline, penyebab gula darah yang tinggi ini beraneka macam mulai dari yang berasal dari dalam tubuh yaitu kinerja hati yang menghasilkan terlalu banyak glukosa dalam tubuh dan tubuh membuat terlalu sedikit insulin.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu di Rumah dan Cara Cepat Mengurangi Kolesterol

Selain itu faktor eksternal seperti konsumsi makanan, obat-obatan dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan stres dapat memicu kadar gula darah yang tinggi dan potensi menderita diabetes.

Berikut tujuh cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan gula darah secara alami, dirangkum BERITA DIY dari Healthline, selengkapnya.

  1. Makan makanan kaya probiotik

Probiotik adalah bakteri ramah yang menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan regulasi gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa asupan probiotik dapat menurunkan gula darah, hemoglobin terglikasi (HbA1c), dan resistensi insulin pada orang dengan diabetes tipe 2.

Beberapa makanan yang kaya probiotik termasuk makanan fermentasi, mulai dari yogurt, tempe dan kimchi sebaiknya dikonsumsi untuk menrunkan kadar gula darah.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x