Cara Daftar KPM Penerima Bansos Sembako BPNT Rp300 Ribu dan Syarat Bantuan Cair Bulan Desember 2021

- 9 Desember 2021, 19:30 WIB
Ilustrasi uang bansos sembako BPNT Rp300 ribu non tunai dan cara daftar di aplikasi Cek Bansos.
Ilustrasi uang bansos sembako BPNT Rp300 ribu non tunai dan cara daftar di aplikasi Cek Bansos. /UNSPLASH/bady

BERITA DIY - Bansos sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dijadwalkan cair hingga akhir bulan Desember 2021 untuk masyarakat miskin yang disalurkan dengan nominal dana bantuan Rp300 ribu per penerima.

Penyaluran bansos sembako BPNT Rp300 ribu ini bukan merupakan pertama kalinya dilakukan oleh pemerintah melalui Kemensos, melainkan bantuan non tunai ini telah berlangsung cair sejak bulan Januari 2021.

Jadwal penyaluran bansos sembako BPNT Rp300 ribu rencananya akan dilakukan bulan Januari-Desember 2021. Kemensos belum memberikan informasi apakah bansos sembako BPNT akan cair sesuai rencana hingga akhir tahun ini atau bantuan akn berlanjut tahun depan.

Baca Juga: Bansos Sembako BPNT Cair Sampai Akhir Desember 2021 ke Pemilik KTP Ini! Buka Aplikasi dan Link Cek Bansos

Bansos sembako BPNT Rp300 ribu hanya cair ke golongan masyarakat tertentu yang memenuhi syarat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) antara lain adalah kelompok warga miskin atau rentan miskin yang terdampak pandemi Covid-19.

Penerima bansos sembako BPNT juga dapat diambil dari masyarakat yang sebelumnya menjadi pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Sementara itu, kelompok masyarakat yang tudak dapat bansos sembako BPNT Rp300 ribu yakni adalah anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri.

Masyarakat yang memenuhi syarat sebagai penerima bansos sembako BPNT Rp300 ribu dan belum mendapatkan bantuan dapat mendaftarkan dirinya di aplikasi Cek Bansos dengan cara sebagai berikut:

Baca Juga: Pemilik Kartu Sembako akan Terima Bansos Sembako BPNT Rp300 Ribu Non Tunai, Cek KPM di Aplikasi Kemensos Ini

  1. Download aplikasi Cek Bansos
  2. Buat akun baru atau user ID
  3. Login menggunakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos
  4. Masuk menu Tanggapan Kelayakan
  5. Pilih menu Usul
  6. Lengkapi data pengusul untuk mendapatkan bansos sembako BPNT

Penerima bansos sembako BPNT Rp300 ribu bulan November dan Desember 2021 akan terdaftar di aplikasi atau link Cek Bansos saat melakukan cek dengan nama lengkap dan alamat domisili sesuai data di KTP.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x