Fenomena Astronomi Desember 2021, Kapan Jadwal Gerhana Matahari Total di Indonesia?

- 1 Desember 2021, 15:13 WIB
SImak kalender astronomi bulan Desember 2021 beserta apakah Gerhana Matahari Total bisa diamani di Indonesia?
SImak kalender astronomi bulan Desember 2021 beserta apakah Gerhana Matahari Total bisa diamani di Indonesia? / Pixabay / Buddy_Nath

BERITA DIY - Simak daftar fenomena astronomi di bulan Desember 2021 berdasarkan pengamantan dari LAPAN beserta kapan jadwal Gerhana Matahari Total di Indpnesia. 

Kejadian alam fenomena astronomi memang menarik untuk disaksikan. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi beberapa fenomena astronomi di langit yang terjadi bulan Desember 2021.

Tak hanya fenomena astronomi, di beberapa belahan dunia dikabarkan akan mengalami Gerhana Matahari Total. Masyarakat Indonesia pun bertanya-tanya kapan jadwal fenomena alam tersebut.

Baca Juga: Gerhana Matahari Muncul 4 Desember 2021, Indonesia Masuk Daftar Negara yang Bisa Melihat? Ini Kata BMKG

LAPAN mengumumkan ada beberapa kejadian alam di langit dalam pekan pertama dan pekan kedua pada bulan Desember 2021. Berikut daftar dan penjelasannya.

1. Okultasi Mars oleh Bulan (3 Desember 2021)

Kejadian okultasi Mars oleh Bulan adalah saat di mana Mars melintas di belakang Bulan. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah jarak Mars ke Bumi yang lebih jauh dibandingkan dengan jarak bulan ke Bumi.

Beberapa wilayah di dunia dapat menyaksikan okultasi pada 3 Desember 2021 di Rusia bagian timur, Tiongkok bagian timur, Korea Utara, Korea Selatan, Mikronesia, hingga Kepulauan Hawaii.

Baca Juga: Adakah Dampak Gerhana Bulan Sebagian Terhadap Bumi yang Terjadi Hari Ini 19 November 2021?

2. Gerhana Matahari Total (4 Desember 2021)

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x