Hati-hati La Nina! 5 Daerah Ini Waspada Bencana Alam Banjir Bandang hingga Badai Tropis Akhir Tahun 2021

- 30 Oktober 2021, 16:48 WIB
Foto ilustrasi. La Nina artinya apa? 5 Daerah Ini Waspada Bencana Alam Banjir Bandang hingga Badai Tropis Akhir Tahun 2021.
Foto ilustrasi. La Nina artinya apa? 5 Daerah Ini Waspada Bencana Alam Banjir Bandang hingga Badai Tropis Akhir Tahun 2021. /PIXABAY/Michelee Raponi

BERITA DIY - La Nina artinya apa? Simak pengertian dan dampaknya terhadap Indonesia. Beberapa daerah ini harus waspada bencana alam banjir bandang hingga badai tropis jelang akhir tahun 2021 ini.

Dikutip dari laman resmi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kulonprogo, La Nina adalah kondisi di mana penyimpanan (anomali) suhu permukaan laut Samudera Pasifik tropis bagian tengah dan timur yang lebih dingin daripada kondisi normalnya.

Kondisi ini juga diikuti oleh perubahan sirkulasi atmosfer di atasnya berupa peningkatan angin pasat timuran lebih kuat dari kondisi normalnya, dan telah berlangsung beberapa bulan.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Ditambah 1,6 Juta, Cek Penerima BSU di Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan pakai NIK KTP

Perubahan di Samudera Pasifik berupa interaksi laut dan atmosfer (La Nina/El Nino) terjadi dalam siklus antar tahunan dikenal sebagai El Nino-Southern Oscillation (ENSO) dengan perulangan kejadian 2-8 tahun.

Sementara itu, Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa saat ini nilai anomali telah melewati ambang batas La Nina, yaitu sebesar -0.61 pada Dasarian I Oktober 2021.

Kondisi ini berpotensi untuk terus berkembang dan membuat warga Indonesia harus bersiap dengan kehadiran La Nina yang diperkiraan terjadi setidaknya hingga Februari 2021.

Baca Juga: BLT UMKM Rp 1,2 Juta Cair Meski Tak Terdaftar di Eform BRI Tahap 3 dan Banpres BPUM BNI, Begini Caranya

Dikutip dari laman resmi BMKG, beberapa daerah akan mengalami peningkatan curah hujan tinggi pada November 2021 hingga Januari 2022. Beberapa daerah tersebut di antaranya sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x