Apa Itu Hujan Meteor Draconid? Fenomena Alam Tahunan yang Terjadi, Ini Waktu Terbaik dan Cara Melihat

- 4 Oktober 2021, 14:10 WIB
ILUSTRASI - Hujan meteor Draconid ini penjelasan, waktu terbaik, dan cara melihat.
ILUSTRASI - Hujan meteor Draconid ini penjelasan, waktu terbaik, dan cara melihat. /PIXABAY/susan-lu4esm

BERITA DIY - Hujan meteor Draconid diprediksi akan kembali terjadi pada tahun 2021 ini. Simak penjelasan, waktu terbaik untuk melihat lengkap dengan cara agar tak merusak mata.

Salah satu fenomena alam akan kembali terjadi dan juga dialami oleh masyarakat Indonesia. Sebab diprediksi hujan meteor Draconid akan kembali terjadi pada bulan Oktober 2021 kali ini.

Adanya fenomena alam yang disebut dengan hujan meteor Draconid ini sebenarnya bukan kali ini saja terjadi. Namun hal ini merupakan fenomena setiap tahun yang akan terjadi dan tepat pada bulan Oktober 2021.

Baca Juga: Apa Itu Kiamat Internet? Diperingatkan oleh Peneliti Sebagai Akibat Fenomena Alam Badai Matahari

Sedangkan penjelasan mengenai hujan meteor Draconid ini sendiri mengutip dari earthsky.org bahwa fenomena alam ini terjadi karena orbit bumi atau perjalanan rotasi yang dilakukan oleh bumi melintasi debu.

Debu-debu tersebut merupakan hasil dari pembuangan sampah dari komet yang akan terlihat pada saat bumi melintasinya. Sehingga dapat menghasilkan visual meteor yang jatuh ke bumi dan disebut Draconid.

Meski demikian, beberapa meteor yang akan hujan ke bumi ini dapat dipastikan akan aman dan tidak mengganggu manusia. Sebab meteor tersebut telah terlebih dahulu terbakar dalam lapisan atmosfer yang dimiliki oleh bumi.

Baca Juga: Apa Itu Bioluminesensi, Fenomena Alam 'Lautan Susu' yang Buat Laut Selatan Jawa Tampak Bercahaya

Lebih lanjut, sampai saat ini LAPAN belum memberikan penjelasan mengenai waktu terjadinya fenomena alam tersebut. Namun melalui situs resminya dapat diketahui melalui persamaan waktu yang terjadi dalam setiap tahun sebelumnya.

Terkait waktu terjadinya fenomena alam ini dari sejumlah artikel terkait pada laman resmi LAPAN dapat diketahui bahwa kemungkinan terjadinya hujan meteor akan dapat dilihat oleh manusia pada tanggal 6 hingga 8 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x