Hari Tanpa Bayangan 13 dan 14 Oktober 2021: Daftar Daerah yang Mengalami Fenomena Alam Kulminasi

- 13 Oktober 2021, 12:44 WIB
ILUSTRASI - Inilah daftar daerah yang akan alami Hari Tanpa Bayangan pada 13 dan 14 Oktober 2021.
ILUSTRASI - Inilah daftar daerah yang akan alami Hari Tanpa Bayangan pada 13 dan 14 Oktober 2021. /PEXELS/Brett Sayles

BERITA DIY - Ketahui daftar daerah yang akan mengalami Hari Tanpa Bayangan pada 13 dan 14 Oktober 2021, beserta penjelasan dan cara melihat fenomena alam tersebut dengan mudah.

Salah satu fenomena alam yaitu Hari Tanpa Bayangan masih akan terjadi di Indonesia. Untuk tanggal 13 dan 14 Oktober 2021 juga diprediksi akan dialami di sejumlah daerah di berbagai pulau di Indonesia.

Perbedaan waktu atau kemunculan Hari Tanpa Bayangan di berbagai daerah di Indonesia tersebut dipengaruhi oleh letak geografis masing-masing daerah yang memiliki bentang alam yang berbeda-beda.

Baca Juga: Cara Amati Hari Tanpa Bayangan Hari Ini, 11 Oktober 2021: Titik Lokasi di Yogyakarta dan Waktu yang Tepat

Selain karena letak geografis sejumlah daerah yang berbeda-beda, fenomena alam Hari Tanpa Bayangan yang akan terjadi pada 13 dan 14 Oktober nanti ini juga dipengaruhi oleh garis edar yang dilakukan oleh matahari.

Sehingga fenomena alam Hari Tanpa Bayangan ini dapat dirasakan oleh seluruh daerah di Indonesia meskipun dalam waktu yang berbeda-beda pada setiap daerahnya. 

Lebih lanjut, menurut laman resmi BMKG Hari Tapa Bayangan atau Kulminasi Utama akan mencapai puncaknya pada 9 Oktober 2021. Meski demikian fenomena alam tersebut tetap dapat dinikmati di berbagai daerah setelahnya.

Baca Juga: Apa Itu Hujan Meteor Draconid? Fenomena Alam Tahunan yang Terjadi, Ini Waktu Terbaik dan Cara Melihat

Berikut merupakan daftar daerah yang akan mengalami Hari Tanpa Bayangan pada 13 dan 14 Oktober 2021 mengutip dari laman resmi bmkg.go.id:

1. 13 Oktober 2021:

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x