Dalil dan Tata Cara Shalat Gerhana Bulan Hari Ini: Serta Bacaan Niat dengan Latin dan Arti Bahasa Indonesia

- 19 November 2021, 13:10 WIB
ILUSTRASI - Inilah dalil, niat, dan tata cara Shalat Gerhana Bulan hari ini.
ILUSTRASI - Inilah dalil, niat, dan tata cara Shalat Gerhana Bulan hari ini. /PIXABAY/chiplanay

BERITA DIY - Simak tata cara melakukan Shalat Gerhana Bulan pada hari ini 19 November 2021, lengkap dengan dalil dan bacaan niat beserta arti dalam Bahasa Indonesia.

Seperti diketahui melalui laman resmi BMKG sebelumnya bahwa salah satu fenomena alam akan muncul di Indonesia. Fenomena yang akan terjadi tersebut diketahui yaitu Gerhana Bulan Sebagian.

Terjadinya fenomena alam Gerhana Bulan Sebagian juga telah diprediksi mengenai waktu terjadinya. Diketahui bahwa waktu terjadinya Gerhana Bulan Sebagian sendiri akan terjadi pada hari ini atau 19 November 2021.

Baca Juga: Gerhana Bulan Sebagian Besok, 19 November 2021: Berikut Waktu, Lokasi, dan Cara Terbaik untuk Melihat

Bagi ummat Islam yang berada di Indonesia, dengan adanya fenomena alam tersebut maka dianjurkan untuk melakukan salah satu ibadah. Ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan tersebut yaitu Shalat Gerhana Bulan.

Sebelum melaksanakan Shalat Gerhana Bulan yang dapat dilakukan pada hari ini, alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu memahami dalil, tata cara, serta niat saat akan melaksanakan ibadah tersebut.

Mengingat salah satu syarat sah nya dalam melakukan ibadah khususnya Shalat Gerhana Bulan sendiri yaitu dengan memahami dalil atau dasar hukum dan juga melaksanakannya sesuai tata cara yang dianjurkan.

Baca Juga: Waktu dan Cara Melihat Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021, Berlangsung 2 Jam Lebih di Indonesia

Sebelum mengetahui tata cara yang dapat dilakukan dalam melaksanakan ibadah yaitu Shalat Gerhana, alangkah lebih baiknya jika mengetahui terlebih dahulu dalil serta dasar hukum mengenai ibadah tersebut.

Mengutip dari laman resmi NU Online, maka dapat diketahui hukum Shalat Gerhana Bulan tersebut. Hukum yang dimiliki dalam ibadah tersebut seperti yang dikutip tersebut yaitu Sunnah Muakkad.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x