Adakah Dampak Gerhana Bulan Sebagian Terhadap Bumi yang Terjadi Hari Ini 19 November 2021?

- 19 November 2021, 17:40 WIB
ILUSTRASI - Simak apakah gerhana bulan sebagian yang terjadi hari ini 19 November 2021 memiliki dampak terhadap bumi.
ILUSTRASI - Simak apakah gerhana bulan sebagian yang terjadi hari ini 19 November 2021 memiliki dampak terhadap bumi. /Pixabay/

BERITA DIY - Simak adakah dampak gerhana bulan sebagian (GBS) tanggal 19 November 2021 terhadap bumi. Fenomena alam yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan 'partial lunar eclipse' bisa di lihat di berbagai belahan dunia hari ini.

Beberapa wilayah Indonesia juga dapat menyaksikan gerhana bulan sebagian yang terjadi pada Jumat siang hingga sore, 19 November 2021. 

Dikutip dari independent.co.uk, gerhana bulan sebagian 19 November 2021 merupakan gerhana paling lama dalam 550 tahun terakhir. BMKG memperkirakan fenomena GBS kira-kira berdurasi total 6 jam 5 menit 7 detik.

Baca Juga: Tata Cara, Doa, dan Bacaan Niat Salat Gerhana Bulan Sebagian yang Terjadi Hari Ini Jumat 19 November 2021

Sementara itu, disadur dari website moonblink.info, ada dua macam gerhana bulan yang  terjadi di bumi, yaitu gerhana bulan sebagian dan gerhana bulan total. 

Pada gerhana bulan sebagian yang terjadi di berbagai wilayah di dunia termasuk Indonesia hari ini adalah ketika di mana sebagian bulan berada di dalam bayangan umbra bumi.

Jika dilihat dari bumi, bulan tampak sebagian dalam bayangan dan hampir seolah-olah tidak penuh. Sementara saat bulan menjadi gelap, terkadang warna merah dapat terlihat pada sisi bulan tersebut.

Baca Juga: Info Gerhana Bulan 19 November 2021 Lengkap: Lunar Eclipse, Jam Berapa hingga Apakah Berbahaya Bagi Ibu Hamil?

Sedangkan gerhana bulan total adalah ketika bulan sepenuhnya dibayangi oleh bumi dan tidak ada cahaya langsung yang dapat mencapainya dari matahari. 

Adapun gerhana bulan total dapat menghasilkan warna merah tua pada bulan atau dikenal dengan 'super blood moon', di mana ada peran atmosfer bumi yang membelokan cahaya sekaligus menyaringnya.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x