Bacaan Doa Terhindar dari Banjir Bandang dan Bencana Lainnya, Dalam Tulisan Arab dan Arti Bahasa Indonesia

- 5 November 2021, 19:26 WIB
ILUSTRASI - Simak bacaan doa agar terhindar dari bencana, musibah, hingga kejahatan lengkap dalam tulisan Arab, Latin, dan terjemahan Bahasa Indonesia.
ILUSTRASI - Simak bacaan doa agar terhindar dari bencana, musibah, hingga kejahatan lengkap dalam tulisan Arab, Latin, dan terjemahan Bahasa Indonesia. /HUMAS BNPB/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Simak bacaan doa agar terhindar dari banjir bandang dan bencana/musibah lainnya, lengkap dalam tulisan Arab, Latin, dan arti Bahasa Indonesia.

Beberapa wilayah Indonesia kini sedang mengalami bencana hidrometeorologi, yaitu banjir bandang di Kecamatan Alor Selatan, Provinsi NTT disusul oleh Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur yang baru saja terjadi.

BMKG memperingati wilayah lainnya yang berpotensi mengalami cuaca buruk atau ekstrem dan bisa menyebabkan banjir bandang, longsor, hingga gelombang pasang. Sebagai umat Muslim, kita selalu meminta perlindungan Allah SWT melalui doa untuk terhindar dari bencana dan musibah.

Baca Juga: Bacaan Doa Keselamatan Saat Bepergian atau Perjalanan Jauh Lengkap Arab Latin, Agar Terhindar dari Kecelakaan

Bahkan dalam sebuah riwayat hadits Bukhari, Rasulullah SAW mengamanatkan kepada manusia untuk senantiasa berlindung kepada Allah SWT.

تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Artinya: "Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian." (HR. Bukhari).

Ada beberapa macam doa untuk menghindari musibah. Namun arti dari masing-masing doa ini adalah sama yaitu memohon kepada Allah SWT untuk menghindari petaka atau marabahaya lainnya.

Baca Juga: Kisah, Khasiat dan Arti Doa Robbana Dholamna Anfusana: Surat Apa dan Bacaan Latin Dzikir Pagi dan Petang

Sebuah hadits dari Abu Daud dan Tirmidzi dari Ustman bin Affan menyatakan bahwa Rasulullah SAW pernah menganjurkan doa tolak bala, yaitu:

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x