6 Bacaan Doa Sholawat Nabi Punya Keutamaan dan Sering Diamalkan: Fatih, Nariyah, Ibrohimiyah

- 22 Oktober 2021, 15:45 WIB
ILUSTRASI - Terdapat enam bacaan sholawat yang paling utama dan paling banyak diamalkan, antara lain: Sholawat Fatih, Nariyah, Ibrohimiyah.
ILUSTRASI - Terdapat enam bacaan sholawat yang paling utama dan paling banyak diamalkan, antara lain: Sholawat Fatih, Nariyah, Ibrohimiyah. /PEXELS/Hebert Santos

BERITA DIY - Di antara melimpahnya bacaan sholawat Nabi yang ada, terdapat enam bacaan sholawat yang paling utama dan paling sering diamalkan. Enam sholawat ini diyakini membawa banyak berkah dan kebaikan.

Sholawat sendiri adalah bentuk penghormatan kepada Nabi SAW dengan maksud untuk mendoakan atau memohonkan berkah kepada Allah SWT. Sholawat kepada Nabi tidak hanya dilakukan oleh umatnya saja, melainkan Sang Khaliq beserta malaikatnya juga bersholawat kepada Nabi SAW.

Seperti dalam Al-Qur’an Suray Al-Ahzab ayat 56 yang artinya:

Baca Juga: Bacaan Sholawat Jibril Shallallahu ala Muhammad yang Diyakini Dapat Menarik Rezeki Mengalir dari Segala Arah

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatn-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang berimana, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,”

Ucapan sholawat dari Allah kepada Nabi SAW adalah sebagai rahmat dan keridhan. Sedangkan sholawat para malaikat kepada Nabi SAW adalah sebagai doa dan istighfar.

Merangkum dari YouTube Ilmu Hikmah, inilah enam bacaan sholat yang paling utama dan paling banyak diamalkan:

Sholawat Ibrohimiyah

 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى  إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibrahiia wabaarik ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa ’alaa sayyidinaa ibraahima wa ‘alaa aali sayyidina ibraahima, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x