Cara Membuat Watermark pada Scan KTP agar Data Pribadi Tetap Aman dan Tidak Disalahgunakan

- 3 September 2021, 19:35 WIB
ILUSTRASI - Cara membuat watermark pada scan KTP sesuai anjuran Kemenkominfo.
ILUSTRASI - Cara membuat watermark pada scan KTP sesuai anjuran Kemenkominfo. /Instagram.com/@kemenkominfo

BERITA DIY - Inilah cara membuat watermark pada scan KTP yang dapat dilakukan dengan mudah melalui perangkat milik Anda agar data pribadi tidak disalahgunakan.

Menjaga keamanan berbagai data menjadi hal yang sangat penting, karena data pribadi merupakan privasi yang dimiliki oleh seseorang. Salah satu data yang sangat penting adalah KTP.

Pasalnya dalam KTP yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia atau WNI terdapat berbagai data penting di dalamnya. Data-data tersebut dapat digunakan oleh pemilik KTP tersebut untuk berbagai hal.

Baca Juga: Cara Buat Surat Kuasa untuk Perpanjang STNK dengan Mudah dan Praktis

Meski demikian, jika tidak menjaganya dengan baik, sangat mungkin jika berbagai data yang terdapat dalam KTP yang dimiliki itu bisa disalahgunakan oleh orang lain.

Dengan memberikan berbagai data yang dimiliki dalam KTP kepada orang lain membuka peluang terjadinya kebocoran data pribadi yang seharusnya menjadi privasi Anda. Tak hanya itu, orang lain juga dapat menggunakan data KTP tersebut untuk kepentingannya.

Sehingga menjaga keamanan data pribadi dalam KTP adalah suatu hal yang amat penting. Namun salah satu kebocoran data sering terjadi karena kelalaian diri sendiri yang mengirimkan foto KTP kepada orang lain.

Baca Juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Online di Aplikasi Signal Tanpa Perlu ke Samsat

Lebih lanjut, untuk menghindari kebocoran atau penyalahgunaan data-data penting yang terdapat di dalam KTP, Kementerian Komunikasi dan Informasi atau Kemenkominfo memberi cara mudah untuk mengamankan KTP.

Menurut laman Instagram @kemenkominfo, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengamankan KTP adalah dengan menambahkan watermark pada kartu yang penting tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x