Mengenal Virus Mu, Varian Baru Covid-19 yang Sudah Tersebar di Berbagai Negara, Ini Faktanya

- 3 September 2021, 17:25 WIB
ILUSTRASI - Varian Mu varian terbaru Covid-19, ini penjelasan WHO.
ILUSTRASI - Varian Mu varian terbaru Covid-19, ini penjelasan WHO. /PIXABAY/enriquelopezgarre

BERITA DIY - Ketahui fakta dari virus Mu atau B.1.621 sebagai varian terbaru Covid-19 yang kabarnya telah menyebar di berbagai negara melalui artikel yang akan dibagikan ini.

Beberapa waktu lalu WHO sebagai otoritas kesehatan dunia resmi merilis adanya varian baru Covid-19. Varian baru tersebut diketahui bernama Mu atau juga disebut dengan B.1.621.

Ditemukannya varian baru Mu sebagai varian terbarus virus Covid-19 ini diketahui pada 30 Agustus 2021. Hal ini kemudian dilakukan penelitian terhadap varian terbaru oleh beberapa otoritas kesehatan terkait.

Baca Juga: Begini Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi: Bisa Lewat Aplikasi atau Link pedulilindungi.id

Lebih lanjut, dengan adanya virus Mu yang menjadi varian terbaru Covid-19 ini membuat banyak pihak mulai mencari fakta dibalik virus tersebut. Mengutip dari berbagai sumber, bahwa varian ini telah tersebar cukup lama.

Bahkan diketahui bahwa varian Mu ini pertama kali ditemukan pada awal tahun yaitu bulan Januari 2021. Kasus temuan pertama varian Covid-19 jenis Mu ini pertama kali ditemukan di negara Kolombia.

Setelah diketahui pertama kali terjadi di Kolombia, varian Mu itu dengan cepat menyebar di berbagai negara. Tersebarnya varian terbaru dari virus Covid-19 ini diketahui terjadi karena perjalanan antar negara yang dilakukan oleh masyarakat.

Baca Juga: Mengenal Vaksin Sputnik V, Tingkat Keampuhan atau Efikasi Lawan Covid-19, Efek Samping, dan Asal Negara

Beberapa negara pun telah melaporkan adanya varian atau jenis Mu varian terbaru dari Covid-19 ini. Bahkan menurut WHO penyebaran adanya varian terbaru ini terjadi diluar dugaan.

Karena penyebarannya sangat cepat dan mengikuti mobilitas manusia, sehingga beberapa negara telah terdapat varian Mu ini. Beberapa negara di benua Amerika melaporkan terjadinya kasus Covid-19 yang disebabkan oleh varian Mu.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x