Sejarah Hari Polwan Nasional ke-73, 1 September 2021: Peran Wanita dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan

- 1 September 2021, 11:49 WIB
Foto dokumentasi Polisi Wanita (Polwan) yang bertugas untuk masyarakat.
Foto dokumentasi Polisi Wanita (Polwan) yang bertugas untuk masyarakat. /Instagram.com/@polwan_republik_indonesia

BERITA DIY - Hari Polisi Wanita (Polwan) nasional diperingati setiap tanggal 1 September 2021 tiap tahunnya untuk mengenang dibentuknya Polwan sebagai bagian dari Polri. Peringatan tahun 2021 ini merupakan yang ke-73 sejak pertama kali dibentuk pada 1 September 1948.

Hari Polwan Nasional pada 1 September 2021 ditujukan untuk mengenang sejarah peran wanita dalam sistem pertahanan dan keamanan nasional sebagai bagian dari satuan tugas Polisi Republik Indonesia atau Polri.

Simak sejarah Hari Polwan Nasional yang diperingati setiap tanggal 1 September secara nasional dan sebagai salah satu bagian sejarah peran wanita dalam Polri dan sistem pertahanan dan keamanan Indonesia.

Baca Juga: Hari Anti Penghilangan Paksa Internasional, 30 Agustus 2021: Sejarah dan Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Latar belakang terbentuknya Polwan bermula karena kesulitan yang dihadapi oleh para Polisi dalam melakukan pemeriksaan fisik para korban, tersangka, atau para saksi wanita untuk keperluan penyelidikan.

Pada saat itu, Polisi akan meminta bantuan para istri Polisi atau para pegawai sipil wanita untuk melaksanakan pemeriksaan fisik. Kesulitan yang dihadapi para Polisi di lapangan ini akhirnya menimbulkan banyak usulan untuk merekrut wanita untuk membantu tugas Polisi.

Usulan memasukkan wanita dalam pendidikan kepolisianpun disambut baik dan disetujui oleh Cabang Djawatan Kepolisian Negara untuk Sumatera yang berkedudukan di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Baca Juga: Sejarah Hari Departemen Luar Negeri Indonesia, 19 Agustus 2021: Cikal Bakal Kemenlu, Tugas dan Fungsinya

Kepolisian memberikan kesempatan mendidik wanita-wanita pilihan untuk menjadi polisi dan secara resmi pada 1 September 1948 disertakan 6 siswa wanita dalam pendidikan kepolisian untuk pertama kalinya.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x