Sejarah Hari Departemen Luar Negeri Indonesia, 19 Agustus 2021: Cikal Bakal Kemenlu, Tugas dan Fungsinya

- 19 Agustus 2021, 11:36 WIB
Ilustrasi Kementerian Luar Negeri Indonesia yang berdiri pada tanggal 19 Agustus.
Ilustrasi Kementerian Luar Negeri Indonesia yang berdiri pada tanggal 19 Agustus. /kemenlu.go.id

BERITA DIY - Hari Departemen Luar Negeri Indonesia diperingati pada hari ini tanggal 19 Agustus 2021. Departemen Luar Negeri merupakan komponen penting bagi Negara Indonesia dalam menjalin kerja sama internasional.

Departemen Luar Negeri atau yang saat ini dikenal sebagai Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pertama kali dibentuk pada tanggal 19 Agustus 1945, tepat dua hari setelah Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Sejarah Hari Departemen Luar Negeri tidak terlepas dari perjuangan Bangsa Indonesia untuk diakui oleh negara lain sebagai bangsa yang merdeka. Salah satu syarat negara yang berdaulat adalah mendapatkan pengakuan dari negara lain (de jure).

Baca Juga: Sejarah Hari Konstitusi yang Diperingati Hari Ini, 18 Agustus 2021: Kilas Balik Hukum Dasar Indonesia

Negara Indonesia yang baru menyatakan kemerdekaan menyadari perlunya menjalin hubungan diplomatik dengan negara lain. Sebab lainnya, bangsa Indonesia memiliki tujuan yang dituangkan dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yaitu untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Pemerintah Indonesia kemudian membentuk Departemen Luar Negeri Indonesia pada 19 Agustus 2021 menyusul setelah diresmikannya UUD NRI Tahun 1945 sebagai hukum dasar atau konstitusi Negera Indonesia.

Peran dan kontrubusi Departemen Luar Negara mendatangkan pengakuan dari berbagai negara. Negara asing yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia antara lain saat itu adalah Mesir (1946), Suriah, Vatikan, dan Lebanon (1947), Yaman(1948) , sementara Arab Saudi (1950).

Baca Juga: Sejarah Hari Bhakti TNI AU, 29 Juli 2021: Mengenang Tiga Perintis TNI AU yang Gugur Saat Jalankan Misi

Pada awal pembentukannya, Presiden Soekarno mempercayakan jabatan Menteri Luar Negeri kepada Achmad Soebardjo yang tidak lain adalah salah satu tokoh yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x