Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Medis dan Mitos, Benarkah Pertanda Rezeki?

- 24 Agustus 2021, 21:00 WIB
ILUSTRASI - Kedutan mata. Arti atau tafsiran keduatan mata atau myokymia menurut medis dan mitos yang telah tersiar di masyarakat luas sebagai pertanda rezeki dan kesialan.
ILUSTRASI - Kedutan mata. Arti atau tafsiran keduatan mata atau myokymia menurut medis dan mitos yang telah tersiar di masyarakat luas sebagai pertanda rezeki dan kesialan. /Instagram.com/@Enceng_032

BERITA DIY - Tiap orang kemungkinan pernah merasa kedutan di mata, baik kiri atau kanan dan di bagian atas atau bawah, apa arti kedutan menurut medis dan benarkah mitos dapat rezeki?

Kelopak mata kedutan secara medis, berdasar laman Mayo Clinic, adalah hal yang umum terjadi pada kebanyakan orang pada satu waktu karena semburan intermiten aktivitas listrik di saraf yang mengontrol kelopak mata.

Eyelid twitching atau mata kedutan yang secara medis disebut myokymia. Bisa disebabkan oleh banyak faktor, luar ataupun dalam.

Baca Juga: Pantangan Apa Saja di Bulan Suro? Ini Arti Tradisi Malam Satu Suro dan Mitos Masyarakat Jawa di Bulan Muharram

Faktor luar yang menyebabkan mata kedutan adalah seperti debu, sinar layar kaca, hingga tumpahnya air mata.

Sedangkan faktor dari dalam manusia yang membuat timbulnya mata kedutan adalah stres, kurang tidur, mata kering, alergi, rendahnya magnesium, akibat pola makan yang buruk, atau terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Meski telah jelas diuraikan sebabnya melalui keterangan medis, sebagian masyarakat Indonesia masih menganggap mata kedutan, terutama sebelah kiri bawah adalah pertanda mengenai rezeki.

Baca Juga: 5 Tanda Bayi di Dalam Kandungan Berjenis Kelamin Perempuan, Mitos atau Fakta?

Adapula mitos yang menyebut kedutan di mata kanan setelah jam 7 malam berarti akan mendapatkan beberapa keuntungan yang tidak terduga.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah