Benarkan Mitos Mandi Malam Sebabkan Rematik? Cek Faktanya Berikut Ini

- 4 Mei 2021, 21:33 WIB
Ilustrasi Mandi - Berikut ini adalah manfaat dari mandi menggunakan air panas, salah satunya adalah bagus untuk relaksasi otot.*
Ilustrasi Mandi - Berikut ini adalah manfaat dari mandi menggunakan air panas, salah satunya adalah bagus untuk relaksasi otot.* /Freepik/torwaiphoto

BERITA DIY - Masih banyak orang yang beranggapan kalau mandi dilakukan saat malam hari malah memberikan efek buruk. Salah satu yang paling sering diyakini adalah menyebabkan rematik.

Namun benarkah faktanya begitu? Rematik sendiri merupakan penyakit peradangan sendi. Rematik bisa terjadi karena sistem imun tubuh menyerang membran yang melapisi sendi-sendi.

Sehingga menyebabkan pergerakan di persedian kaku dan menimbulkan rasa nyeri, sakit, dan pegal. Penyakit rematik bisa dianalogikan seperti mesin yang kekurangan oli, gerakannya menjadi kaku dan seret.

Baca Juga: Cara Mengecat Dinding Rumah dengan Rapi agar Terlihat Indah bagi Pemula

Faktanya, mitos mandi malam penyebab rematik adalah salah. Belum ada pembuktian secara ilmiah yang menyatakan jika mandi malam bisa menyebabkan rematik.

Merangkum dari berbagai sumber. jika seseorang sudah mengalami rematik mandi malam dengan air hangat bisa meredakan gejala yang dialami.  Air hangat bisa mengurangi rasa ngilu, nyeri dan rasa tidak nyaman saat rematik kambuh.

Mandi malam juga dianjurkan untuk orang-orang yang banyak berkeringat saat melakukan aktivitas saat siang. Mandi malam hari juga bisa membuat tubuh lebih rileks dengan berendam air hangat.

Baca Juga: Apa Itu Equity Crowfunding? Pengertian dan Fungsi untuk Pendanaan UKM

Kondisi tertentu seperti seorang pasien yang dijadwalkan operasi di waktu pagi, mandi saat malam sebelum operasi bertujuan untuk membersihkan diri dari kuman dan kotoran sebelum tindakan operasi dilakukan.

Kalau seseorang susah tidur di malam hari karena merasa kurang nyaman dengan hawa sekitar bisa memilih opsi mandi di malam hari. Badan yang lebih bersih membantu seseorang tidur lebih nyaman.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X