Cara Simpan dan Bedakan Madu Asli atau Palsu, Serta Daftar Manfaat atau Khasiat untuk Kesehatan Tubuh

- 14 Agustus 2021, 19:02 WIB
ILUSTRASI - Madu asli murni. Saat situasi pandemi Covid-19 seperti demikian, madu asli murni dapat dijadikan opsi untuk dikonsumsi sebagai penjaga imun tubuh.
ILUSTRASI - Madu asli murni. Saat situasi pandemi Covid-19 seperti demikian, madu asli murni dapat dijadikan opsi untuk dikonsumsi sebagai penjaga imun tubuh. /PIXABAY/ExplorerBob

BERITA DIY - Madu adalah nektar alami yang dikumpulkan lebah dari bunga, dipercaya punya manfaat atau khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Ada laporan yang dipublikasikan dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences tahun 2013 lalu, menunjukkan bahwa madu telah digunakan oleh manusia sejak 8.000 tahun silam.

Saat situasi pandemi Covid-19 seperti demikian, madu dapat dijadikan opsi sebagai penjaga imun tubuh. Namun, pilih madu asli yang punya 64 kalori dan 17 gram gula, termasuk fruktosa, glukosa, maltosa dan sukrosa.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Pengganti Produk Pelembab Kulit untuk Hidrasi Kulit yang Sehat: Ada Madu dan Timun

Lantas, bagaimana caranya membedakan madu asli dan palsu? Sebelum tips tersebut, yuk kita bedah dulu manfaat madu asli bagi kesehatan tubuh.

1. Perkuat imun tubuh

Merangkum dari Healthline, secara nutrisi, satu sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa.

Kandungan tersebut baik menggunakan madu sebagai sumber energi tubuh. Madu juga dipercaya dapat menjaga kadar gula darah cukup konstan dibandingkan dengan jenis gula lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Tersembunyi Madu untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x