5 Bahan Alami Pengganti Produk Pelembab Kulit untuk Hidrasi Kulit yang Sehat: Ada Madu dan Timun

- 23 Mei 2021, 21:05 WIB
Ilustrasi penggunaan pelembab alami untuk menjaga kesehatan wajah.
Ilustrasi penggunaan pelembab alami untuk menjaga kesehatan wajah. /pexels/Andrea Piacquadio

BERITA DIY - Pelembab merupakan salah satu produk skin care yang penting digunakan dalam merawat dan mempercantik kulit khususnya pada kulit wajah.

Sebagaimana namanya, pelembab memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban kulit agar mencapai kelembaban normal yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Sleian menjaga kelembaban, pelembab memiliki peran untuk menghidrasi kulit yakni untuk meningkatkan kadar air pada stratum korneum dan meratakan cekungan antar korneosit sehingga permukaan kulit teraba lebih lembut, halus, elastis, dan tahan terhadap tekanan.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Pakai Toner agar Bekerja Maksimal, Sering Dilupakan Tapi Penting Sebelum Produk Skin Care Lain

Ada banyak produk pelembab yang dijual di pasaran, namun tanpa perlu repot dan mengeluarkan modal banyak, kita dapat membuat pelembab dengan bahan alami yang mudah ditemui.

Bahan alami yang dapat digunakan sebagai pelembab kulit antara lain adalah sebagai berikut:

  • Madu

Madu merupakan bahan alami yang bersumber dari sari bunga yang diolah oleh lembah menjadi cairan menyehatkan yang dinamakan madu.

Madu mengandung antiinflamasi dan antimikroba yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan memiliki manfaat yang baik bagi kelembaban wajah.

Penggunaan madu sebagai pelembab hanya cukup dilakukan dengan mengoleskan madu ke seluruh wajah dan diamkan selama 10 menit hingga berfungsi sebagai pelembab kemudian dibersihkan menggunakan air hangat.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x