5 Cara Efektif dan Mudah Mengatasi Sariawan agar Cepat Sembuh, Ada Air Garam dan Madu

- 7 Februari 2021, 14:38 WIB
Ilustrasi orang yang mengalami sakit sariawan.
Ilustrasi orang yang mengalami sakit sariawan. /Pixabay/HaticeEROL

BERITA DIY – Sariawan merupakan luka dalam mulut akibat iritasi gusi, lidah, dan lapisan dalam mulut. Meski demikian, kekurangan minum air putih, vitamin B-12, Seng (Zn), Zat Besi dan vitamin C juga dapat memicu munculnya sariawan.

Meksi luka sariawan bukan luka yang cukup serius dan pada umumnya dapat sembuh dalam 7 hingga 10 hari. Namun, peradangan yang menyertai sariawan kerap membuat jengkel dan tidak nyaman.

Biasanya luka sariawan berwarna putih atau kekuningan dan dikelilingi oleh peradangan yang sensitif bila terkena gesekan, memakan makanan pedas hingga makanan asam.

iBaca Juga: Syarat dan Cara Dapatkan Gelar Insinyur untuk Bersaing Secara Internasional, Sarjana Teknik Harus Tahu Ini!

Tidak bisa dipungkiri meski luka sariawan akan sembuh dalam waktu beberapa hari, namun kita dapat melakukan beberapa hal agar luka sariawan dapat sembuh lebih cepat serta menghindari luka yang meluas.

Adapun cara menghilangkan sariawan sebagaimana dirangkum BERITA DIY dari berbagai sumber adalah sebagai berikut:

Menggunakan obat sariawan

Penggunaan obat sariawan dapat membantu kita mengatasi luka mulut ini lebih cepat. Obat sariawan dapat dipih sesuai dengan keinginan baik berupa obat krim, salep, gel hingga berbentuk minuman sekalipun.

Antiseptik yang dikandung dalam obat sariawan dipercaya mampu mengatasi kuman atau bakteri mulut yang berpotensi memperparah luka sariawan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x