Oseltamivir Phospate Obat Apa? Simak Manfaat, Dosis dan Efek Samping Kapsul yang Viral untuk Terapi Covid-19

- 16 Juli 2021, 13:20 WIB
Ilustrasi - Hingga kini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menyetujui Oseltamivir sebagai terapi dalam pengobatan Covid-19.
Ilustrasi - Hingga kini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menyetujui Oseltamivir sebagai terapi dalam pengobatan Covid-19. /PIXABAY/qimono

BERITA DIY - Oseltamivir menjadi obat rekomendasi untuk pengobatan atau terapi Covid-19. Sebelumnya, obat ini juga tengah viral saat ada pandemi flu burung dan flu babi.

Label dagang Oseltamivir dulu adalah Tamifu. Karena itu, kenali manfaat, dosis dan efek samping dari obat ini agar lebih jelas mengenai kegunaan dan dampak jika diminum tak sesuai resep dokter.

Dilansir dari protokol tatalaksana terbaru Covid-19, Oseltamivir merupakan obat anti-virus yang digunakan untuk pengobatan dan pencegahan influenza atau flu tipe A dan B. Obat ini menghambat neuroamidase yang dibutuhkan oleh virus flu untuk bereplikasi.

Baca Juga: Cara Dapat Obat Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19, Simak Alur Lengkap Telemedicine di Sini

Pada masa pandemi Covid-19 ini, Oseltamivir juga dibagikan pada beberapa paket isolasi mandiri (isoman) untuk pasien bergejala sedang.

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa obat Oseltamivir ini dapat efektif untuk mengatasi infeksi virus corona atau Covid-19.

Sementara untuk memeroleh Oseltamivir, harus dengan resep dokter dan melalui pemeriksaan. Namun, karena adanya resep isoman dengan obat tersebut telah viral di media sosial, banyak orang yang tiba-tiba memborongnya tanpa memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Cek Ketersediaan Obat Covid-19 di Apotek Online Melalui Link dan Aplikasi Farma Plus Kemenkes Ini

Apa itu Oseltamivir Phospate

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x