Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Ini: 13-15 Muharram Agustus 2021, Apa Keutamaannya?

- 10 Agustus 2021, 14:05 WIB
ILUSTRASI - Waktu atau jadwal Puasa Ayyamul Bidh pada penanggalan Masehi, serta keutamaan dimilikinya.
ILUSTRASI - Waktu atau jadwal Puasa Ayyamul Bidh pada penanggalan Masehi, serta keutamaan dimilikinya. /UNSPLASH/grstocks

BERITA DIY - Salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan adalah Puasa Ayyamul Bidh. Ketahui keutamaan menjalankan ibadah itu yang pada bulan Muharram ini jatuh pada tanggal 13 hingga 15 serta jadwal tanggal masehi pelaksanaannya.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa yang dianjurkan untuk dilakukan pada 3 hari selama berturut-turut setiap bulan dalam penanggalan Hijriyah kecuali pada hari tasyrik. Sedangkan pada bulan Muharram ini ibadah tersebut dapat di lakukan pada 13-15 Muharram.

Lantas pada tanggal berapa masehi ibadah Puasa Ayyamul Bidh dapat dilakukan bulan Muharram ini serta apa saja keutamaan yang dimilikinya? simak dalam artikel ini.

Baca Juga: Cara Buat Twibbon Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah: Buka Link atau Aplikasi Berikut Ini

Puasa Ayyamul Bidh memiliki jadwal pelaksanaan yaitu pada 13-15 Muharram pada penanggalan Hijriyah. Tanggal ini bertepatan dengan tanggal 22-24 Agustus 2021 berdasar pada penanggalan masehi.

Sebelum melaksanakan ibadah Puasa Ayyamul Bidh, ketahui terlebih dahulu dalil beserta keutamaan yang dimilikinya. Ibadah ini telah disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai satu ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan.

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda,
"Sungguh, cukup bagimu berpuasa selama tiga hari di setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang kamu lakukan. Karena itu, maka Puasa Ayyamul Bidh sama dengan berpuasa setahun penuh" H.R Muslim.

Baca Juga: Link Cara Buat Twibbon Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H di Twibbonize dan Download Twibbon Terbaik

Dari hadits tersebut diketahui bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan ummatnya untuk menjalankan Puasa Ayyamul Bidh selama tiga hari pada setiap bulan Hijriyah. Selain itu, juga dapat diketahui keutamaan yang dimiliki ibadah tersebut.

Ibadah Puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan yaitu bagi yang menjalankannya maka dijanjikan memiliki kebaikan atau pahala yang sama dengan menjalankan puasa selama satu tahun penuh.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x