Puasa Tasua 9 Muharram 18 Agustus 2021: Dalil, Hukum, Keutamaan, dan Bacaan Niat Ibadahnya

- 9 Agustus 2021, 19:20 WIB
ILUSTRASI - Bacaan niat, dalil, hukum, dan keutamaan Puasa Tasua 9 Muharram.
ILUSTRASI - Bacaan niat, dalil, hukum, dan keutamaan Puasa Tasua 9 Muharram. /PIXABAY/Mohamed_hassan

BERITA DIY - Salah satu ibadah yang disunnahkan dilakukan pada bulan Muharram adalah Puasa Tasua 9 Muharram. Ketahui dalil, hukum, dan niat untuk melaksanakan ibadah tersebut.

Terdapat beberapa hal yang harus diketahui sebelum menjalankan Puasa Tasua pada 9 Muharram atau 18 Agustus 2021 mulai dari dalil, hukum, hingga niat menjalankannya.

Berikut akan kami sampaikan beberapa hal mengenai Puasa Tasua 9 Muharram yang dapat dilakukan melalui dalil, hukum, hingga niat untuk menjalankan ibadah ini. 

Baca Juga: 1 Suro Jatuh pada Tanggal Berapa? Ketahui Tradisi Jawa Bulan Masuk Bulan Muharram 2021

Salah satu hal yang penting untuk diketahui sebelum menjalankan Puasa Tasua 9 Muharram adalah dengan mengetahui dalil sebagai dasar menjalankan ibadah ini. Terdapat beberapa dalil yang menjadi dasar untuk menjalankan puasa ini.

صَامَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى فَقَالَ رَسُولُ الهِع صَلَّى الهُت عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ قَالَ فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan berpuasa. Para shahabat berkata:"Ya Rasulullah, sesungguhnya hari itu diagungkan oleh Yahudi.”

Kemudian beliau Nabi Muhammad SAW bersabda: “Di tahun depan insya Allah kita akan berpuasa pada tanggal sembilan.” Hadits Riwayat Muslim 2. 996 dan Abu Daud 2445.

Baca Juga: Jadwal Puasa Bulan Muharram Tahun 2021 Lengkap dengan Bacaan Niat dan Keutamaan

Oleh sebab itu, berdasarkan pada hadits tersebut diketahui bahwa Puasa Tasua memiliki keutamaan yaitu sebagai pembeda dari ibadah yang dilakukan oleh para ummat Yahudi.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x