1 Suro Jatuh pada Tanggal Berapa? Ketahui Tradisi Jawa Bulan Masuk Bulan Muharram 2021

- 9 Agustus 2021, 17:46 WIB
ILUSTRASI -Jatuhnya malam 1 Suro dalam penanggalan Masehi serta tradisi menyambut tahun baru Hijriyah atau bulan Muharram.
ILUSTRASI -Jatuhnya malam 1 Suro dalam penanggalan Masehi serta tradisi menyambut tahun baru Hijriyah atau bulan Muharram. /Instagram.com/@kratonjogja

BERITA DIY - Ketahui 1 Suro jatuh pada tanggal berapa Masehi beserta berbagai tradisi masyarakat Jawa untuk menyambut tahun baru Islam atau bulan Muharram 1443 H

1 Suro merupakan hari yang penting bagi masyarakat Jawa untuk menyambut tahun baru Islam atau Hijriyah. Lantas tanggal berapa kah sebenarnya jatuhnya 1 Suro dalam penanggalan Jawa?

Beberapa tradisi dilakukan pada malam 1 Suro atau tahun baru Islam, masyarakat Jawa bahwa hari tersebut memiliki banyak keberkahan dari sang pencipta. Berikut kami ulas jatuhnya tanggal 1 Suro pada penanggalan masehi.

Baca Juga: Jadwal Puasa Bulan Muharram Tahun 2021 Lengkap dengan Bacaan Niat dan Keutamaan

Lebih lanjut, 1 Suro merupakan sebutan dalam penanggalan masyarakat Jawa dalam menyambut tahun baru Islam atau Hijriyah. Oleh karenanya, 1 Suro bertepatan dengan 1 Muharram dalam penanggalan Hijriyah.

Sementara itu jika merujuk 1 Suro pada penanggalan masehi dapat menggunakan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri sebagai rujukan tanggal. Dalam surat tersebut, tahun baru Islam akan jatuh pada Selasa 10 Agustus 2021.

Meski demikian, masyarakat Jawa melaksanakan berbagai tradisi merayakan tahun baru Islam atau hijriyah mulai pada malam 1 Suro atau berarti jatuh pada 9 Agustus 2021 malam setelah maghrib.

Baca Juga: Amalan-amalan Sunnah pada Bulan Muharram 1443 H Tahun Baru Islam, Menilik Anjuran Nabi Muhammad SAW

Untuk menyambut tahun baru Islam atau disebut malam 1 Suro, masyarakat Jawa menjalankan berbagai tradisi. Setiap tradisi memiliki perbedaan di masing-masing daerah sesuai dengan keyakinan yang telah diajarkan secara turun temurun.

Salah satu tradisi yang dilakukan pada malam 1 Suro terdapat di Yogyakarta. Masyarakat Yogyakarta biasa melaksanakan Tapa Bisu atau berjalan memutari benteng tanpa alas kaki dan tidak boleh berbicara.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x