Kapan Malam 1 Suro? Serta Tanggal Hari Pasaran Kalender Jawa Agustus 2021 Terburuk untuk Dihindari

- 27 Juli 2021, 16:10 WIB
ILUSTRASI - Kalender Jawa digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menentukan tanggal berbagai acara. Ini hari buruk dan tanggal Malam 1 Suro.
ILUSTRASI - Kalender Jawa digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menentukan tanggal berbagai acara. Ini hari buruk dan tanggal Malam 1 Suro. /PIXABAY/mohamed hassan

BERITA DIY - Kalender Masehi Agustus 2021 bertepatan dengan adanya tahun baru 1 Muharram 1443 Hijriah atau 1 Suro. Pun, disebut ada hari-hari buruk dalam Kalender Jawa pada bulan tersebut.

Kalender Jawa berbeda dengan Kalender Masehi pun juga dengan penanggalan Hijriah. Jika sistem perhitungan Hijriah dan Kalender Jawa mengacu pada peredaran Bulan mengitari Bumi, penanggalan Masehi berpatokan pada peredaran Bumi mengitari Matahari.

Kalender Jawa pernah dimodifikasi oleh Prabu Ajisaka pada 78 Masehi dan disempurnakan oleh Sultan Agung pada tahun 1633 Masehi. Penggunaannya diseragamkan oleh Susuhunan Solo pada tanggal 22 Juni 1855.

Baca Juga: Kalender Liturgi dan Hari Raya Umat Katolik Tahun 2021

Diketahui, 1 Suro atau Tahun baru 1 Muharram 1443 Hijriah jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021. Dalam ketentuan SKB 3 Menteri, cuti bersama jatuh pada 11 Agustus 2021.

Selain berfungsi sebagai sistem penanggalan, Kalender Jawa juga kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menentukan tanggal berbagai acara.

Kalender Jawa punya 12 bulan, antara lain: Sura (Suro), Sapar, Mulud, Bakda Mulud, Jumadilawal, Jumadilakir, Rejeb, Ruwah, Pasa, Sawal, Sela, dan Besar yang berjumlah 29 sampai 30 hari per bulannya.

Baca Juga: Cara Membuat Room di Google Meet dengan Mudah sampai Menjadwalkannya dengan Kalender

Hari-hari buruk menurut Kalender Jawa pada Agustus 2021

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x