Tanggal 1 Bulan Suro Jatuh pada Hari Apa? Ini Tradisi Malam Suroan Orang Jawa di Yogyakarta dan Solo Surakarta

- 4 Agustus 2021, 09:02 WIB
Tanggal jatuhnya 1 Suro serta tradisi malam suroan di  Yogyakarta dan Surakarta.
Tanggal jatuhnya 1 Suro serta tradisi malam suroan di Yogyakarta dan Surakarta. /Instagram.com/@kratonjogja

BERITA DIY - Ketahui hari jatuhnya tanggal 1 Suro dalam kalender Jawa beserta tradisi-tradisi yang dilakukan oleh orang Jawa dalam memperingati hari tersebut.

Dalam kepercayaan orang Jawa terdapat keyakinan tentang satu hari yang dianggap suci yaitu tanggal 1 Suro atau bertepatan dengan 1 Muharram. Beragam tradisi dilakukan untuk memperingati hari tersebut.

Perayaan hari yang disebut dengan 1 Suro tersebut biasa disebut dengan malam suroan. Perayaan malam suroan biasa dilakukan pada malam sebelum pergantian tahun 1 Muharram.

Baca Juga: Keutamaan dan Bacaan Niat Puasa Tasua di Bulan Muharram

Pada tahun 2021 ini 1 Suro atau dikenal dengan 1 Muharram bertepatan dengan hari Selasa 10 Agustus 2021 Masehi. Pergantian tahun hijriyah ini juga telah ditetapkan secara resmi.

Pemerintah memutuskan untuk memberikan hari libur atau tanggal merah bertepatan dengan 1 Muharram atau yang biasa disebut oleh orang Jawa dengan 1 Suro. Hal ini dilakukan agar masyarakat yang memperingati dapat melakukan tradisi atau ibadah yang biasanya dilakukan.

Beragam tradisi dilakukan oleh orang Jawa dalam memperingati 1 Suro. Biasanya tradisi tersebut telah dimulai semenjak malam hari atau biasa disebut dengan malam suroan, lantas tradisi apa sajakah yang dilakukan oleh orang Jawa?

Baca Juga: Tahun Baru Islam 2021: Amalan Sunnah Bulan Muharram dan Keutamaannya

Perayaan malam 1 Suro atau malam suroan bagi orang Jawa telah berlangsung secara turun-temurun. Orang Jawa percaya bahwa malam tersebut memiliki berkah, sehingga harus diperingati dengan beberapa laku.

Laku atau tradisi yang dilakukan di berbagai daerah di Jawa pun berbeda-beda. Salah satunya terjadi di dua daerah yang memiliki kerajaan sebagai bukti eksistensi nilai-nilai Jawa yaitu Yogyakarta dan Surakarta atau Solo.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x