Jadwal Puasa Bulan Muharram Tahun 2021 Lengkap dengan Bacaan Niat dan Keutamaan

- 9 Agustus 2021, 14:00 WIB
ILUSTRASI - Simak jadwal puasa bulan Muharram tahun 2021, bacaan niat, serta keutamaannya.
ILUSTRASI - Simak jadwal puasa bulan Muharram tahun 2021, bacaan niat, serta keutamaannya. /Pixabay/john1cse

BERITA DIY - Simak jadwal puasa bulan Muharram tahun 2021, bacaan niat, serta keutamaannya yang bisa Anda ketahui di akhir artikel

Tak terasa sebentar lagi umat Islam akan memasuki tahun baru Hijriyah. Tepatnya tahu 1443 Hijriyah. Bulan pertama dalam kalender Islam yakni bulan Muharram. Simak jadwal puasa di bulan Muharram.

 

Hari ini umat Islam akan berpisah dengan tahun 1442 Hijriyah. Kemudian besok Selasa 10 Agustus 2021, umat Islam akan memasuki tahun 1443 Hijriyah.

Baca Juga: Amalan-amalan Sunnah pada Bulan Muharram 1443 H Tahun Baru Islam, Menilik Anjuran Nabi Muhammad SAW

Pada bulan Muharram, umat Islam disunnahkan untuk berpuasa. Semasa hidup, Nabi Muhammad Saw rutin melaksanakan puasa di bulan Muharram. Puasa Muharram dimulai pada tanggal 9 dan tanggal 10.

Keduanya punya nama yang berbeda. Di tanggal 9, puasa Muharram disebut dengan puasa Tasu'a. Sementara, di tanggal 10, puasa Muharram disebut dengan puasa Asyura.

Puasa di bulan Muharram memiliki keutamaan yakni sehari berpuasa di bulan Muharram, sama dengan puasa selama 30 hari. Maka tak ada salahnya bagi umat Islam untuk menjalankan puasa seperti yang disunnahkan.

Baca Juga: Jadwal Puasa Muharram 2021, Simak Keutamaan, Sejarah, Niat, dan Artinya di Sini

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x