Keutamaan dan Bacaan Niat Puasa Tasua di Bulan Muharram

- 2 Agustus 2021, 17:45 WIB
Beberapa keutamaan puasa Tasua beserta bacaan niat lengkapnya.
Beberapa keutamaan puasa Tasua beserta bacaan niat lengkapnya. /UNSPLASH/grstocks

BERITA DIY - Ketahui berbagai keutamaan amalan sunnah puasa Tasua yang dilaksanakan pada bulan Muharram sekaligus niat melaksanakan puasa lengkap bahasa Arab, Latin, dan arti Bahasa Indonesia.

Salah satu amalan yang sunnah untuk dilakukan pada bulan Muharram adalah puasa Tasua. Puasa tersebut memiliki berbagai keutamaan bagi ummat Islam yang melaksanakannya.

Selain itu, puasa Tasua juga memiliki perbedaan dengan amalan lain yaitu pada niat puasa tersebut. Simak keutamaan dan niat puasa yang dilakukan pada bulan Muharram tersebut.

Baca Juga: Tahun Baru Islam 2021: Amalan Sunnah Bulan Muharram dan Keutamaannya

Dalam setiap amalan yang dilakukan tentunya memiliki keutamaan masing-masing. Hal ini juga terdapat pada puasa Tasua yang memiliki beberapa keutamaan bagi yang melaksanakannya.

Amalan puasa Tasua memiliki waktu tersendiri dalam pelaksanaannya. Amalan ini dilaksanakan pada 9 Muharram. Ketetapan waktu dijalankannya ibadah ini memiliki penyebab tersendiri.

Tujuan awal amalan puasa Tasua ini adalah sebagai pembeda bagi ummat Islam dengan para pemeluk Yahudi. Sebab ummat Yahudi melaksanakan puasa hanya pada 10 Muharram, sehingga puasa Tasua dapat dijadikan menjadi hal yang berbeda

Baca Juga: Bacaan Doa Akhir Tahun Hijriyah dan Kapan Awal Tahun 1 Muharram 1443 H?

Lantas seperti apakah keutamaan yang ada pada amalan sunnah puasa Tasua ini? Berikut kami sampaikan keutamaan yang ada pada ibadah yang dilakukan pada 9 Muharram ini.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa menjalankan amalan puasa Tasua haruslah diikuti dengan rangkaian ibadah lainnya yaitu puasa Asyuro atau puasa pada 10 Muharram. Sehingga keduanya memiliki keutamaan yang sama.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x