Keutamaan Puasa 10 Muharram dan Dalil dalam Hadits Shahih

- 22 Juli 2021, 11:36 WIB
Keutamaan dan dalil dalam hadits shahih ibadah puasa 10 Muharram
Keutamaan dan dalil dalam hadits shahih ibadah puasa 10 Muharram /UNSPLASH/ (@katekerdi)

BERITA DIY - Ummat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sunnah puasa 10 Muharram. Seperti apakah keutamaan dan dalil dalam hadits shahih tentang puasa 10 Muharram tersebut? Simak dalam artikel ini.

Mengetahui keutamaan suatu ibadah menjadi hal yang penting, termasuk pada ibadah puasa 10 Muharram. Dengan mengetahui keutamaan ummat Islam akan mengerti ganjaran apa yang diberikan dengan melakukan ibadah tersebut.

Selain mengetahui keutamaan, hal penting lainnya adalah mengerti hadits shahih yang menjadi dasar hukum pelaksanaan ibadah puasa 10 Muharram.

Baca Juga: Bacaan Ayat Kursi Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia, Beserta Keutamaan

Pada bulan Muharram dalam penanggalan Hijriyah banyak ibadah yang dianjurkan Allah SWT. Salah satunya adalah ibadah puasa 10 Muharram atau bertepatan pada Kamis, 19 Agustus 2021.

Lantas bagaimanakah keutamaan ibadah puasa 10 Muharram yang disunnahkan untuk dilakukan tersebut? Berikut kami sampaikan keutamaan yang didapatkan dengan melakukan puasa 10 Muharram.

Nabi Muhammad SAW pernah menyatakan dalam sebuah hadits shahih mengenai keutamaan melakukan puasa 10 Muharram.

Baca Juga: Doa Buka Puasa Tarwiyah dan Arafah Lengkap Dalam Bahasa Arab, Indonesia dan Latin

Bahkan Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa puasa 10 Muharram adalah ibadah puasa yang luar biasa. Karena puasa 10 Muharram memiliki derajat hanya satu tingkat di bawah puasa pada bulan Ramadhan bagi ummat Islam.

Selain itu ganjaran pahala atau keutamaan dari puasa 10 Muharram juga sangat luar biasa bagi orang-orang yang menjalankan ibadah puasa sunnah tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X