Bacaan Niat dan Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharam: Dapat Menghapus Dosa Tahun Lalu

- 29 Juli 2021, 10:00 WIB
Ilustrasi: Bulan Muharam diriwayatkan sebagai bulan sebaik-baiknya untuk melakukan puasa setelah bulan Ramadhan.
Ilustrasi: Bulan Muharam diriwayatkan sebagai bulan sebaik-baiknya untuk melakukan puasa setelah bulan Ramadhan. /UNSPLASH/grstocks

BERITA DIY - Simak niat bacaan dan keutamaan puasa 10 Muharam di tulisan ini. Seperti yang diketahui, tanggal 11 Juli 2021 merupakan masuk bulan 1 Dzulhijjah. Dalam kalender Islam, Dzulhijjah merupakan bulan terakhir, lalu Muharam adalah bulan pertama.

Dengan kata lain, bulan Dzulhijjah akan segera berakhir dan digantikan dengan bulan Muharam yang sekaligus menjadi tanda pergantian tahun Hijriyah. Untuk tahun 2021, bulan Muharam akan jatuh pada bulan Agustus.

Sementara itu, umat Muslim disunahkan menjalankan ibadah puasa saat bulan Muharam. Sebenarnya, terdapat empat jenis puasa selama bulan pertama kalender Islam itu, tak terkecuali puasa 10 Muharam atau sering disebut dengan puasa Asyura.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Jenis-jenis Puasa Sunah Bulan Muharam dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

Adapun Rasulullah SAW sangat menganjurkan pengiktunya untuk melakukan puasa Asyura 10 Muharam. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan berikut ini:

"Orang-orang Quraisy biasa berpuasa pada hari Asyura di masa Jahiliyyah, Rasulullah SAW pun melakukannya pada masa Jahiliyyah. Tatkala beliau sampai di Madinah, beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan umatnya untuk berpuasa," (HR. Bukhari no. 2002 dan Muslim no. 1125).

Terlebih lagi, keutamaan bulan Muharam disebutkan bahwa adalah sebaik-baiknya umat Muslim melakukan puasa setelah bulan Ramadan. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Sementara, shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163).

Baca Juga: Puasa Asyura: Bacaan Niat, Jadwal Pelaksanaan di 2021, dan Keutamaannya

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x