Bacaan Niat dan Jenis-jenis Puasa Sunah Bulan Muharam dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

- 29 Juli 2021, 08:50 WIB
Terdapat empat jenis puasa sunah pada bulan Muharam beserta keutamannya.
Terdapat empat jenis puasa sunah pada bulan Muharam beserta keutamannya. /UNSPLASH/katekerdi

BERITA DIY - Simak bacaan niat dan jenis-jenis puasa sunah bulan Muharam dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia. Seperti yang diketahui, umat Islam tak hanya menjalankan puasa Ramadhan, namun juga terdapat puasa sunah di bulan-bulan lain di kalender Hijriyah.

Adapun bulan Muharam adalah salah satu bulan mulia dalam Islam. Pasalnya, pada bulan ini banyak keutamaan dan pahala yang melimpah bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah, tak terkecuali puasa yang bersifat sunah pada bulan Muharam.

Bahkan, Rasulullah SAW menyampaikan hadits yang meriwayatkan bahwa bulan Muharam merupakan bulan mulia setelah bulan Ramadhan. Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Baca Juga: Puasa Asyura: Bacaan Niat, Jadwal Pelaksanaan di 2021, dan Keutamaannya

"Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharam, dan sebaik-baiknya ibadah setelah ibadah wajib adalah salat malam" (H.R. Muslim).

Tidak hanya itu, diriwayatkan pula Rasulullah SAW kerap melaksanakan puasa Asyura yang terjadi pada tanggal 10 Muharam.

عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ.

Artinya: “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari 'Asyura' (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya.

Baca Juga: Keutamaan Puasa 10 Muharram dan Dalil dalam Hadits Shahih

Bacaan niat, keutamaan, dan jenis-jenis puasa sunah bulan Muharam dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x