Bacaan atau Lafadz Takbir untuk Takbiran Idul Adha 2021: Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

- 20 Juli 2021, 05:10 WIB
ILUSTRASI: Lafadz atau bacaan takbir untuk takbiran di Idul Adha 2021, lengkap dengan Arab, latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia.
ILUSTRASI: Lafadz atau bacaan takbir untuk takbiran di Idul Adha 2021, lengkap dengan Arab, latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia. /PIXABAY/john1cse

BERITA DIY – Bacaan atau lafadz takbir lengkap untuk takbiran Idul Adha 2021 berikut ini tersedia lengkap dalam bahasa Arab, latin, serta artinya dalam bahasa Indonesia.

Kegiatan takbir atau takbiran pada Hari Raya Idul Adha 2021 tahun ini dianjurkan Kementerian Agama (Kemenag) untuk dilakukan di rumah guna menghindari kerumunan.

Aturan tersebut ditetapkan melalui Surat Edaran (SE) nomor se 17 tahun 2021 tentang Pendiadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H/2021 M di wilayah PPKM Darurat.

Baca Juga: Panduan Lengkap Takbiran, Salat Idul Adha dan Kurban Saat PPKM Darurat, Resmi dari Menag Yaqut Cholil Qoumas

“Kemenag mempersilakan umat muslim untuk tetap melaksanakan takbiran tetapi di rumah saja, karena itu tidak mengurangi sama sekali makna dari takbiran,” terang Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas seperti dikutip dari ANTARANEWS, 16 Juli 2021 lalu.

Sementara itu, kegiatan takbiran di masjid atau musala, keliling, arak-arakan menggunakan kendaraan maupun jalan kaki yang berada pada wilayah PPKM Darurat juga ditiadakan sementara.

Umat muslim tak perlu khawatir, karena pada Idul Adha 2021 ini masih dapat melaksanakan Takbiran dengan membaca lafadz takbir dari rumah masing-masing.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah dan Jumlah Takbir Rakaat Pertama dan Kedua

Anjuran membaca bacaan atau lafadz takbir saat takbiran di hari raya, seperti Idul Adha 2021 seperti firman Allah SWT pada Surat Al-Baqarah ayat 185 berikut ini agar umat muslim lebih dapat bersyukur:

وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x