Tata Cara Shalat Idul Adha, Berapa Jumlah Takbir Rakaat Pertama dan Kedua? Berikut Penjelasannya

- 17 Juli 2021, 17:10 WIB
Tata cara melaksanakan Shalat Idul Adha termasuk perbedaan jumlah takbir pada rakaat pertama dan kedua
Tata cara melaksanakan Shalat Idul Adha termasuk perbedaan jumlah takbir pada rakaat pertama dan kedua /Antara Foto/Ardiansyah/wsj

BERITA DIY - Salah satu ibadah pada saat Idul Adha adalah dengan melaksanakan Shalat Idul Adha. Bagaimana tata cara termasuk perbedaan jumlah takbir rakaat pertama pertama dengan kedua? 

Shalat Idul Adha merupakan ibadah wajib bagi ummat Islam di seluruh dunia. Oleh sebab itu, mengetahui tata cara seperti jumlah takbir di rakaat pertama maupun sangat penting untuk dilakukan.

Dengan mengetahui tata cara seperti jumlah takbir di rakaat pertama maupun kedua menjadi salah satu syarat sahnya Shalat Idul Adha yang kita lakukan.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah, Niat dan Bacaan Doa Lengkap Sesuai Anjuran MUI

Meski demikian, pelaksanaan Shalat Idul Adha tahun ini akan sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi menganjurkan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Idul Adha di rumah masing-masing bersama keluarga.

Anjuran tersebut secara resmi dikeluarkan oleh Kemenag melalui Serat Edaran No. 17 Tahun 2021 yang mengatur soal teknis pelaksanaan Shalat Idul Adha.

Baca Juga: Idul Adha 2021: Hal-Hal yang Perlu Diketahui Orang yang Kurban: Tak Boleh Potong Kuku, Benarkah?

Kepastian peniadaan Shalat Idul Adha di masjid maupun di lapangan tersebut diungkapkan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

"Tidak ada pelaksanaan Shalat Idul Adha di masjid atau lapangan pada wilayah PPKM darurat. Jadi, di wilayah PPKM Darurat, takbiran dan Salat Id dilakukan di rumah masing-masing," Ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas seperti dikutip Berita DIY dalam laman kemenag.go.id.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x